Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli- Pada kesempatan kali ini, kami akan menguraikan materi mengenai vilsapat ilmu beserta pengertiannya menurut para ahli, yaitu sebagai berikut di bawah ini:

pengertian ilmu
Pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu di bidang (pengetahuan)itu. (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
A systemized knowledge obtained by study, observation, experiment. (Webster’s Super New School & Office Dictionary).
The complete consistent description of fact and experience in the simplest possible term (Karl Pearson).
A systemized knowledge derives from observation, study, and experimentation carried on in order to determine the nature of principles of what being studied (Ashley Montangu).
The syste of man’s knowledge on nature, society, thought. It reflect the world in concepts, categories and laws, the correctness and truth of which are verified by practical experience (V. Avansyev)

Ilmu sebagai pengetahuan, artinya ilmu adalah suatu kumpulan yang sistematis atau sebagai kelompok pengetahuan teratur mengenai pokok soal atau subject matter. Dengan kata lain bahwa pengetahuan menunjuk pada sesuatu yang merupakan isi substantif yang terkandung dalam ilmu.
Ilmu sebagai aktivitas, artinya suatu aktivitas mempelajari sesuatu secara aktif, menggali, mencari, mengejar atau menyelidiki sampai pengetahuan itu diperoleh. Jadi ilmu sebagai aktivitas ilmiah dapat berupa penelaahan (study), penyelidikan (inquiry), usaha menemukan (attemp ti find), atau pencarian (search).
Ilmu sebagai metode, artinya ilmu pada dasarnya adalah suatu metode untuk menangani masalah-masalah, atau suatu kegiatan penelaahan atau proses penelitian yang mana ilmu mengandung prosedur, yakni serangkaian cara dan langkah tertentu yang menunjukkan pola tetap.

ciri-ciri ilmu

Empiris (berdasarkan pengamatan dan percobaan).
Sistematis (tersusun secara logis seta mempunyai hubungan saling bergantung dan teratur).
Objektif (terbebas dari persangkaan dan kesukaan pribadi).
Analitis (menguraikan persoalan menjadi bagian-bagian yang terinci).
Verifikatif (dapat diperiksa kebenarannya).

fungsi ilmu

Pandangan statis, ilmu yang berprofesi sebagai disiplin atau aktivitas untuk memperbaiki sesuatu, membuat kemajuan, mempelajari fakta, serta memajukan pengetahuan untuk memperbaiki sesuatu (bidang-bidang kehidupan).
Pandangan dinamis/heuristik/menemukan (bersifat praktis), ilmu berfungsi membentuk hukum-hukum umum yang melingkupi perilaku dari kejadian-kejadian empiris atau objek empiris yang menjadi perhatiannya sehingga memberikan kemampuan menghubungkan berbagai kejadian yang terpisah-pisah serta dapat secara tepat memprediksi kejadian-kejadian masa datang.

Sarat menjadi pengetahuan ilmiah

Dasar pembenaran, dengan melalui langkah-langkah pemahaman secara apriori, pengujian dengan metode ilmiah, dan pembenaran secara aposteriori.
Sifat sistematis, memiliki sistem dalam susunan pengetahuan ilmiah (produk) dan dalam cara memperoleh pengetahuan ilmiah tersebut (proses, metode).
Sifat intersubjektif, pengetahuan ilmiah yang telah diperoleh seseorang subjek telah mengalami verifikasi subjek lain, sehingga kebenarannya terjamin.

Sarat-sarat ilmu pengetahuan

Universal
Dapat dikomunikasikan (comunicable)
Prograsif

Demikian uraian yang dapat kami sajikan mengenai vilsapat ilmu, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua, sekian dan terimakasih.

0 Responses to “Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli”

Post a Comment