materi IPS mengenal Indonesia




Standar Kompetensi
Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benu

Kompetensi Dasar
1.    Mendeskripsikan perkembangan  sistem administrasi wilayah Indonesia
2.    Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
3.    Mengidentifikasi  benua-benua.

Ruang Lingkup Materi
Materi yang diajarkan meliputi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia, bagainamanakah kenampakan alam dan keadaan sosial di negara-negara tetangga Indonesia, serta bagaimanakah kenampakan alam dan keadaan sosial benua-benua yang ada di dunia.



A.  Perkembangan Sistem Administrasi Wilayah Indonesia
Apakah anda pernah mendengar islilah “pemekaran”. Pemekaran. Bunga mekar ?. Berarti bunga itu tumbuh dan berkembang. Dari asalnya hanya kuncup yang tertutup, berubah menjadi bunga yang mempunyai kelopak. Demikian juga halnya, yang terjadi pada Indonesia. Jika diibaratkan wilayah Indonesia itu bunga. Maka, wilayah Indonesia yang asalnya hanya mempunyai satu atau dua kelopak bunga. Kini mempunyai banyak sekali kelopak bunganya.
Dengan kata lain, yang asalnya Indonesia hanya mempunyai beberapa provinsi saja sejak merdeka. Kini, pada tahun 2007 jumlahnya telah mencapai 32 provinsi. Oleh karena itu, Indonesia mengalami perkembangan dalam hal jumlah provinsi.  Seiring dengan lahirnya apa yang disebut dengan otonomi daerah.
Cartina dell'Indonesia







Apa yang menyebabkan jumlah propinsi di Indonesia bertambah? Apakah yang disebut dengan otonomi daerah? Bagaimana kedua hal itu sangat berhubungan erat dengan perkambangan sistem admininastrasi wilayah Indonesia. Dari 8 provinsi pada tahun 1945, 27 propinsi pada tahun 1999 dan 32 propinsi, mulai dari tahun 2000. Ternyata hal ini dilakukan untuk mempermudah pelaksanaan kebijakan-kebijakan pemerintah dan untuk perkembangan politik di Indonesia. Selain itu, perkembangan jumlah provinsi juga disebabkan oleh : 
1.     Jumlah penduduk yang semakin bertambah
2.     Perkembangan ekonomi yang pesat
3.     Kebutuhan sarana transportasi dan komunikasi yang bertambah
4.     Pertahanan dan keamanan daerah
Hal inilah, yang kemudian pemerintah Indonesia. Melalui UU No. 22 tahun 1999 mengeluarkan kebijakan bahwa penyelenggaraan pemerintah dititikberatkan pada daerah (desentralisasi). Dari sinilah, lalu timbul apa yang disebut otonomi daerah. Dimana, pemerintah daerah diberikan kekuasaan untuk menyelenggarakan dan mengelola rumah tangganya sendiri. Namun tetap harus mengacu pada kebijakan-kebijakan yang berasal dari pusat
Lalu apa hubungan antara perkembangan jumlah provinsi, otonomi  daerah administrasi wilayah Indonesia ?
Pergi ke gambar ukuran penuhYa, begitulah. Dikarenakan jumlah penduduk yang semakin bertambah. Berarti mereka membutuhkan peningkatakan pelayanan, keamanan dari gangguan/pertikaian yang bersifat SARA (suku ras antar golongan) dan pelestaraian budaya dan ciri khas dearah, maka pemerintah pusat menyerahkan hal-hal tersebut untuk dikelola oleh pemerintah daerah.
Dengan kata lain, dari sinilah timbul provinsi-provinsi baru, yang mempunyai otonomi dareahnya masing-masing.
Pergi ke gambar ukuran penuhTimbulnya provinsi baru tersebut, kabanyakan dikarenakan keinginan masyarakat di daerah. Karena mereka merasa mampu dan perlu untuk mengelola wilayahnya. Masyarakat di daerahlah, yang lebih paham tentang karakter, potensi, masalah dan solusi yang harus ditempuh supaya daeranya tersebut tetap aman, sejahtera dan dapat memakmurkan kehidupan rakyatnya.
Oleh karena itu, pemerintah pusat dengan berbagai alasan, mensyahkan provinsi-provinsi baru tersebut sebagai satu kesatuan dari Negara Republik Indonesia. Sebagaimana yang disebutkan dalam pasal 1 ayat 1 UUD 1945, yang mempunyai pemerintahan tersendiri, yang disebut pemerintah daerah. Merekalah penyelenggara pemerintahan daerah yang otonom, menurut asas desentralisasi yaitu yang mempunyai kepala daerah dan DPRD masing-masing serta mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan provinsi lain yang terlebih dahulu ada.
Perkembangan jumlah provinsi di Indonesia, dapat dilihat pada yang terjadi Pulau Sumatera, yang asalnya hanya terdiri dari 4 propinsi kini menjadi 9 propinsi, yaitu : Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung.
Pulau Jawa yang dahulunya hanya 5 propinsi. Sekarang menjadi 6 propinsi, yaitu : DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D I Yograkarta, Jawa Timur dan Banten. Wilayah Pulau Sulawasi, dahulu hanya 4 propinsi, sekarang menjadi 5 propinsi, yaitu : Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawasi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawasi Tenggara. Wilayah Maluku, berkembang menjadi Maluku dan Maluku Utara. Wilayah Irian Jaya (Papua) menjadi 3 provinsi, yaitu Irian Jaya Barat (Papua Barat), Irian Jaya Tengah (Papua Tengah) dan Irian Jaya Timur (Papua Timur).  
Perubahan di Negara Indonesia, tidak hanya terjadi pada aspek administrasi saja, tetapi juga terjadi pada luas wilayah lautnya. Seperti kita ketahui, bahwa Negara Indonesia itu negara maritim. Negara yang mempunyai wilayah perairan yang sangat luas. Asal anda tahu, bahwa 81% wilayah kita adalah lautan/perairan, itu berarti hanya 19% wilayah kita yang daratan. Namun tetap saja, lautan tersebut dianggap sebagai daratan atau biasa yang disebut dengan “laut teritorial”.
Pratinjau GambarPada zaman Belanda, laut teritorial Indonesia hanya berjarak 3 mil laut (1 mil laut = 1852 m) dari garis pangkal. Namun kemudian, pada 13 Desember 1957. Pemerintah Indonesia, melalui “Deklarasi Juanda” mendapatkan perluasan batas laut teritorial, menjadi 12 mil dari garis pangkal. Lalu apakah garis pangkal. Garis pangkal adalah garis tempat laut teritorial mulai diukur, yaitu dari ujung terluar pulau-pulau di Indonesia pada saat air laut mengalami pasang surut.
Kemudian melalui Konvensi Hukum Jamaika (10 Desember 1982), yang hasil dari konvensi tersebut didukung oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) perluasan wilayah laut teritorial Indonesia, adalah sebagai berikut :     
1.    Batas laut teritorial adalah garis batas yang berjarak 12 mil dari garis pangkal ke arah laut lepas. Kewenangan yang dimiliki oleh Indonesia dalam wilayah ini, sepertinya apa yang dilakukan di daratan
2.    Batas laut kontinen (benua) adalah garis yang merupakan kelanjutan dari benua. Kewenangan Indonesia dalam wilayah ini, boleh melakukan kegiatan eksploitasi dan eksplorasi, namun harus membagi keuntungan dengan negara lainnya.
3.    Batas laut ekonomi ekslusif (ZEE), adalah luas wilayah yang ditarik pada jarak 200 mil laut dari garis dasar laut ke arah laut bebas. Idonesia berhak menggali kekayaan alam lautan dan melakukan kegiatan ekonomi. Namun, negara lain bebas terbang, berlayar dan memasang kabel atau pipa dibawah laut kita. Namun, Indonesia berhak nelayan asing yang menangkap ikan di wilayah ini. 

Latihan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat !
1.    Apa yang menjadi penyebab wilayah Indonesia mengalami perkembangan dalam jumlah propinsi!
2.    Apakah yang dimaksud Desentralisasi?
3.    Bagaimanakah hubungan kebijakan pemerintah tentang desentralisasi, dengan perkembangan jumlah propinsi di Indonesia ?
4.    Mengapa masyarakat di daerah ingin membentuk provinsi baru?
5.    Sebutkan propinsi-provinsi yang terdapat di Pulau Irian!

B.  Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Negara-Negara Tetangga
Kenampakan alam adalah suatu alam, baik yang ada di daratan maupun di perairan. Keakdaan alam di daratan terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, lembah, gunung. Adapun keadaan alam perairan terdiri atas sungai, danau, rawa, pantai, laut, selat, teluk dan samudera.
Nah, dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang kenampakan alam Indonesia dan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga. Namun, sebelum sampai pada pembahasan tersebut, mari kita ketahui terlebih dahulu siapakah negara-negara tetangga kita yang tergabung dalam ASEAN, lalu apakah ASEAN tersebut dan tetangga lainnya yang tidak tergabung dalam ASEAN
Pergi ke gambar ukuran penuh







Text Box: Peta negara-negara di Asia Tenggara
Pada gambar di atas, tampak nama negara-negara tetangga Indonesia, yaitu:
  1. Di sebelah utara : Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Myanmar, Vietnam, Laos, Brunei Darussalam, dan kamboja.
  2. Di sebelah timur :Papua nugini, dan Timor Leste
  3. Di sebelah tenggara : Australia dan Selandia Baru
Sebelum kita bahas tentang penampakan alam dan keadaan sosial negara tetangga kita, ada baiknya kita ketahui dahulu penampakan alam dan keadaan sosial Indonesia. Batas-batas negara Indonesia di sebelah utara adalah Filipina, Samudera Pasifik, Laut Cina Selatan, Malaysia dan Teluk Benggala. Di sebelah timur, adalah Papua Nugini dan Lautan Pasifik. Di sebelah selatan dan barat, batasnya adalah Samudera Indonesia. Ibu Kota negara Indonesia adalah Jakarta.
Bentuk negara kita adalah kesatuan. Bentuk pemerintahan republik. Bahasa nasional adalah Bahasa Indonesia. Lagu kebangsaan kita adalah Indonesia Raya. Mata uang negara kita adalah rupiah. Tanggal kemerdekaan kita adalah 17 Agustus 1945 dan Letak astronomis negara kita : 6 LU – 11 LS dan 95 BT – 141 BT. Lalu bagaimankah penampakan alam dan keadaan sosial negara tetangga kita, mari kita bahas.
  1. Singapura
Singapura disebut Pulau Tumasik. Letak Singapura sangat strategis, karena terletak pada posisi silang jalur lalu lintas pelayaran dari negara-negara da Asia menuju ke negara-negara lain melalui Singapura.
Oleh karena itu, Singapura merupakan pelabuhan transit teramai di Asia. Batas – batasnya :
a. Utara : Malaysia                       
b. Timur : Laut Cina Selatan, Malaysia
c.  Selatan : Laut Cina Selatan, Indonesia
d. Barat : Selat Malaka, Malaysia
·         Ibu Kota : Singapura
·         Bentuk negara : Republik
·         Lagu Kebangsaan : Majulah Singapura
·         Mata uang : Dolar Singapura
·         Mata pencaharian : perdagangan, perhubungan dan perindustrian
·         Penemu Singapura : Sir Thomas Stanford Raffles pada tahun 1819
  1. Thailand
Merupakan salah satu negara di ASEAN yang belum pernah terjajah. Terkenal dengan sebutan Negara Seribu Pagoda, Negara Gajah Putih, Negara Penghasil Padi terbesar di ASIA 
Batas-batasnya :
a. Utara : Laos, Myanmar
b.Timur : Kamboja, Laos
c. Selatan : Malaysia
d. Barat : Myanmar
·         Ibu Kota : Bangkok
·         Sungai yang terkenal : Chao Paraya
·         Bentuk Pemerintahan : Kerajaan
·         Lagu Kebangsaan : Pheng Chart
·         Mata uang : Baht Thailand
·         Pariwisata : merupakan penghasil devisa utama negara
  1. Malaysia
Batas-batasnya :
a.    Utara: Thailand, Laut Cina Selatan, Brunei Darussalam
b.    Timur: Laut Cina Selatan dan Filipina
c.    Selatan: Singapura dan Indonesia
d.    Barat: Selat Malaka dan Indonesia
·         Ibu Kota : Kuala Lumpur
·         Terletak di Semenanjung Malaka sebagian Pulau Kalimantan
·         Malaysia dibagi ( 11 negara bagian ).Malaysia Barat ( 9 negara bagian ) :Kedah, Perak, Kelantan, Malak, Johar, Trenggano, Negeri Sambilan, Selangor, Pahang, Penang. Malaysia Timur ( 2 negara bagian)Serawwak Ibu Kota = Kuching. Sabah Ibu Kota = Kinibalu
·         Di bagian barat (Semenanjung Malaka) terdapat gunung tertinggi = Gunung Tahan
·         Di bagian timur terdapat gunung Kinibalu
·         Bentuk pemerintahan = Kerajaan
·         Gelar rajanya = Yang Dipertuan Agung
·         Lagu kebangsaan = Negaraku
·         Mata uang = ringgit atau dollar Malaysia
·         Malaysia = merupakan penghasil timah terbesar di dunia.
  1. Fhilipina
Batas-batasnya :
a. Utara : Laut Cina Selatan
b. Timur : Samudera Pasifik
c. Selatan : Laut Sulawesi
d. Barat : Laut Cina Selatan
·         Ibu Kota : Manila
·         Disebut juga negara kepulauan yang terdiri atas kurang lebih 7.100 pulau. Pulau yang besar adalah Pulau Luzon : = Gunung. Myon dan Pulau Mindanao = Gunung Apo
·         Filipina merupakan daerah pegunungan lingkaran pasif daratannya bergunung-gunung. Banyak gunung berapi yang masih aktif.
·         Di sebelah utara kepulauan Filipina terdapat palung Mindanao (± 10.000 m)
·         Filipina sering terjadi gempa bumi, karena Filipina termasuk daerah pegunungan lingkaran pasifik yang bersifat vulkanis dan dekat dengan Palung Mindanao yang dalam.
·         Bahasa:Tagalog
·         Mata uang : Peso
·         Istana Presiden : Malacanang
  1. Brunei Darussalam
Batas-batasnya :
a. Utara : Laut Cina Selatan
b. Timur : Malaysia bagian timur
c. Selatan : Malaysia
d. Barat : Malaysia
Ibu Kota: Bandar Seri Begawan
·         Mata uang : Dolar Brunei
·         Bentuk pemerintahan: Kesultanan
·         Bentuk negara : kesatuan
·         Lagu kebangsaan : pujian untuk Sultan
·         Ekspor : Minyak bumi dan gas alam no.1 di Asia Tenggara
·         Terkenal : Negara Asia Tenggara yang tinggi pendapatan perkapita penduduknya paling.
·         Merdeka : 1 Janurai 1984
  1. Vietnam
Batas-batasnya :
a. Utara : RRC
b..Timur : Laut Cina Selatan
c. Selatan : Laut Cina Selatan
d.Barat : Laos dan Kamboja
·         Text Box: Gunung Apo merupakan gunug tertinggi di Pilifina ; khairulnizambakeri.wordpress.com
 Sumber : Wikipedia.org

Ibu Kota : Hanoi
·         Terletak : Indocina
·         Mata uang : Dong
·         Pegunungan : Fan – Si – Pan (3.143m)
·         Bentuk negara : Republik sosialis
·         Bahasa : Vietnam
·         Kepala negara :  Presiden
·         Lagu kebangsaan : Forward Soldier
  1. Kamboja    
Batas-batasnya :
a. Utara : Thailand dan Laos
b. Timur : Vietnam
c. Selatan : Vietnam dan Laut Cina Selatan
d. Barat : Thailand dan Laut Siam
·         Ibu Kota : Phnom Penh
·         Terletak :  di Semenanjung indocina
·         Terdapat : sungai Mekong
·         Bentuk pemerintahan : Republik
·         Mata uang : Real
·         Bahasa : Khmer dan Perancis
  1. Laos
Batas-batasnya :
a. Utara : RRC
b. Timur : Vietnam
c. Selatan : Kamboja
d Barat : Thailand dan Myanmar
·         Ibu Kota : Vientiane
·         Bahasa : Laos
·         Sungai yang terkenal: Sungai Mekong yang berfungsi sarana transportasi
·         Lagu kebangsaan : Pheng Xat Lao
·         Laos merupakan salah satunya negara Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah laut.
·         Merdeka : 23 Oktober 1953
  1. Myanmar
Map of MyanmarBatas- batasnya :
a.    Utara : India dan RRC
b.    Timur : RRC, Laos, Thailand
c.    Selatan : Laut Andaman, Teluk Benggala
d.    Barat : India, Bangladesh, Teluk Benggala
·         Ibu Kota : Yanggon
·         Sungai yang terkenal : Irawadi
·         Bentuk pemerintahan : Republik
·         Myanmar: salah satu negara penghasil padi terbesar di Asia Tenggara
·         Lagu Kebangsaan : Our Free Homeland
·         Mata uang : Kyat
·         Kepala negara : Presiden
·         Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
  1. Papua New Gunea
Batas-batasnya :
a. Utara : Samudera Pasifik
b. Timur : Samudera Pasifik
c. Selatan : Laut Koral dan Selat Rorres
d. Barat : Papua ( Indonesia )
·         Ibu Kota : Port Moresby
·         Mata uang : Kina
·         Bentuk pemerintahan : monarki (kerajaan) konstitusional
·         Kepala negaranya : Ratu Inggris
·         Kepala pemerintahan : perdana menteri
·         Lagu kebangsaan : Arise All Ye Sons
  1. Timor Leste
Batas-batasnya :
a.    Utara: Selat Ombai dan Wetar
b.    Timur : Laut Arafuru
c.    Selatan : Laut Timor
d.    Map of East TimorBarat : Nusa Tenggara Timur
·         Ibu Kota : Dili
·         Negara ini bekas jajahan portugis. Tahun 1976 masuk wilayah RI, tahun 1991 memisahkan diri dari RI. tanggal 20 Mei 2002 Timor Timur mencapai kemerdekaan penuh.

C.  Identifikasi Benua-Benua
Setelah kita mengatahui secara umum, bagaimanakah kenampakan alam dan keadaan social negara-negara tetangga kita, mari kita perluas wawasan kita tentang bagaimanakah kenampakan alam dan keadaan sosial, benua-benua yang ada di dunia ini.    
Pratinjau Gambar











  1. Benua Amerika
Benua Amerika merupakan benua terbesar nomor 2 di dunia. Benua Amerika ditemukan oleh Christopher Colombus, orang Italia, pada  tahun 1492. Benua Amerika diambil dari nama Amerigo Vespucci seorang pelaut Italia. Sedangkan Penduduk asli Amerika : Indian dan Eskimo, kemudian ditambah : orang kulit putih, negro, yahudi.
Wilayah Benua Amerika memanjang dari utara sampai selatan dan dikelilingi samudekmra. Luas Benua  42.188.568 km². Ada yang menyebutnya sebagai Dunia Baru. Secara astronomis, Benua Amerika terletak antara 83º 07` LU- 56º LS dan 34º  45` BB- 172º 27`BT. 
Benua Amerika, disebelah utara dibatasi oleh Samudera Artik. Disebelah timur oleh Samudera Atlantik, disebelah barat oleh Samudera Pasifik dan batas Benua Amerika di sebelah selatan adalah Selat Drake, Samudera Pasifik. 
Keadan cuaca atau iklim di Benua Amerika, di daerah kutub utara beriklim dingin, di daerah bagian selatan beriklim sedang dan sub tropis. Sedangkan di daerah antara pegunungan Rocky Mountains dan Sierra Nevada beriklim darat  Daerah Mexico beriklim panas.
Benua Amerika terbagi atas beberapa wilayah, yang terdalamnya terdapat beberapa negara. Pembagian wilayah tersebut, adalah :
1.    Amerika Utara, terdiri dari Kanada, Amerika Serikat, Meksiko
2.    Amerika Tengah :
a.    Daratan Tanah Genting Tehuantepec sampai Terusan Panama, terdiri dari Guatemala, Belize, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Costa Rica dan Panama
b.    Kepulauan Karibia, yang terdiri dari negara : Kuba Dominika Haiti, Jamaika Saint Vincent Kepulauan Bahama Republik Dominika Antigua Barbados Saint Lucia Grenada Trindad dan Tobago Puerto Rico
3.    Amerika Selatan, negara-negara yang terdapat didalamya adalah : Argentina, Bolivia, Brasil, Kolombia, Chili, Ekuador, Guyana, Guyana Prancis, Peru, Paraguay, Suriname, Uruguay, Venezuela
 Kenampakan alam Benua Amerika, antara lain : Di Selatan Amerika Tengah terdapat terusan Panama sepanjang 81 km. terusan ini menghubunhkan Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Di Amerika Selatan terdapat pegunungan Losandes puncaknya yang tertinggi Gunung Lullai Laco. Pegunungan sebelah barat : Rocky Mountain, Sierra Nevada, dan Andes, Appalachia, Al Leghani di bagian timur. Di Alaska : Mc. Kenley. Sebelah selatan : Gunung Andes dengan puncak Gunung Aconcagua.
Dataran tinggi yang terdapat di Amerika Utara Dataran Tinggi Labrador, Amerika Selatan Dataran Tinggi Brasilia. Di sebelah utara, Amerika Selatan juga terdapat Dataran Tinggi Venesuela dan Guyana.
Sungai yang paling terkenal di Benua Amerika adalah Sungai Missisipi (sungai terpanjang di Amerika Serikat) bermuara ke Teluk Mexico. Selein itu terdapat juga Sungai Arkansas, Masauri, Ohiyo. Sedangkah teluk yang berada di Benua Amerika adalah Teluk Hudson, Alaska, California, Mexico. Flora (tumbuhan) yang paling banyak terdapat di Benua Amerika adalah pohon Konifera, Palma, Redword (tinggi 90 m), lumut, semak-semak, padang rumput, jagung, kapas. Sedangkan fauna (binatang) yang terdapat di Benua Amerika, antara lain kuda liar, ular derik berbisa, puma, tapir dan piranha.

  1.  Benua Asia
Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah, yaitu .Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Barat dan Asia Selatan. Benua Asia dan Eropa merupakan satu daratan yang disebut Benua Eurasia. Antara Benua Asia dan Eropa dibatasi oleh pegunungan Ural dan Laut Kaspia. Secara astronomis Benua Asia terletak antara 11º16 LS- 77º41 LU dan 160º4 BT- 169º4 BT.
Batas-batas Benua Asia adalah, di sebelah utara dibatasi oleh Samudera Arktik, di sebelah sebelah timur oleh Samudera Pasifik, di sebelah selatan oleh Samudera Hindia dan di sebelah barat dibatasi oleh Benua Eropa, Benua Afrika, Laut Tengah dan Laut Merah.
Seperti telah dijelaskan diatas, bahwa Benua Asia dibagi menjadi lima wilayah, masing-masing wilayah terdiri bari beberapa negara. Mari kita lihat, negara-negara yang terdapat dalam 5 wilayah tersebut.
1.    Asia Selatan, didalamnya terdapat negara : India, Pakistan, Nepal, Bhutan Bangladesh, Srilangka dan Maladewa
2.    Asia Barat, terdiri dari negara : Arab Saudi, Afghanistan, Bahrain, Iran, Irak Israel, Kuwait, Libanon, Pelesina, Oman, Qatar, Suriah, Turki, Uni Emirat Arab,  Yaman Utara, Yordania dan Siprus
3.    Asia Tengah, terdiri dari Mongolia, Kazakstan, Turkmenistan, Uzbekistan Tajikstan dan Kyrgiztan.
4.    Asia Tenggara, terdiri dari Myanmar, Vietnam, Laos, Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina dan Brunei Darussalam
5.    Asia Timur, terdiri dari RRC, Jepang Korea Utara, Korea Selatan, Taiwan
Ras yang menjadi penghuni Benua Asia adalah, a) Ras Mongoloid (Mongolia, Cina, Jepang, Indonesia dan Korea), b) Ras Eropid (Yahudi, Arab, Iran dan Indian) dan c) Ras Negroid (Negro dan Dravida).
Benua Asia berada di antara 11ºLU sampai 77ºLU, mempunyai iklim yang beragam, antara lain :
a.    Pratinjau GambarIklim Tropis terdapat di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan
b.    Iklim Subtropis (sedang) terdiri dari 4 musim : semi, panas, gugur, dingin. Iklim ini terdapat di Asia Tengah, daratan Cina dan Jepang.
c.    Iklim dingin ditandai dengan adanya salju sepanjang tahun di kawasan Siberia.
Benua Asia terdiri dari rangkaian pegunungan.  Seperti di Asia Selatan terdapat Pegunungan Kackassus, Hindu Kush, Kara Korum, Himalaya, Tien Shan, dan pegunungan Kwen Lun. Pegunungan Karakum dan Himalaya merupakan pegunungan tertinggi di dunia yang terletak di pegunungan Everest (Mount Everest dengan ketinggian 8.888 m). Sedangkan gunung yang terdapat di Benua Asia misalnya Gunung Fuji, Gunung Batu Puteh, Gunung Altum, Gunung Phou Bla.
Dataran tinggi di Asia antara lain : Dataran Tinggi Iran, Dataran Tinggi Pamir dan Dataran Tinggi Tibet. Dataran tinggi Tibet merupakan sumber mata air yang mengalir di Asia. Dataran tinggi Pamir karena sangat tinggi, sehingga dijuluki Atap Dunia. Sedangkan, dataran rendah terluas di Asia bagian utara yaitu, Dataran Rendah Siberia. Selain itu, di Asia terdapat Gurun yaitu Gurun Arabia di sebelah barat Gurun Thar dan Gurun Gobi terletak di Asia bagian Timur.
Di Benua Asia juga terdapat beberapa sungai yang bermuara ke Samudera Hindia, Samudera Pasifik dan Samudera Arktik (Laut Es Utara). Sungai-sungai tersebut antara lain: Sungai Indus, Sungai Gangga, dan Sungai Brahma Putra bermuara ke Teluk Benggala (wilayah Samudera Hindia). Sungai Yang Tse (Chang Jiang) bermuara ke Samudera Pasifik.

  1. Benua Australia
Pada tahun 1606 seorang pelaut Belanda bernama Wiled Janed menemukan sebuah teluk kemudian diberi nama Teluk Carpentaria. Pada tahun 1644 seorang Belanda bernama Abel Tasman menemukan dua buah pulau yang kemudian diberi nama Pulau Tasmania dan Pulau New Zealand. Pada tahun 1770 James Cook pelaut Inggris menemukan Pantai Timur Australia. Sejak saat itulah orang Inggris berdatangan ke Benua Australia. Oleh karena itu, Australia disebut negara persemakmuran Inggris, artinya Australia merupakan bejas jajahan Inggris yang masih mengakui Ratu Inggris sebagai kepala negara. Australia disebut negara benua karena di benua Australia hanya terdapat satu negara.
Pratinjau GambarSecara astronomis Benua Australia terletak antara 113ºBT-155ºBT dan 10ºLS – 43ºLS. Benua Australia, di sebelah utara dibatasi oleh Laut Timor dan Laut Arafuru, di sebelah timur oleh Laut Koral, Laut Tasman, Samudera Pasifik, di sebelah barat dibatasi oleh Samudera Hindia  dan batas di sebelah Selatan adalah Samudera Hindia. Negara Australia disebut benua bawah karena letaknya berada di belahan bumi selatan.
Australia merupakan negara federal terdiri atas 6 negara bagian dan 2 wilayah territorial, yang beribu kota Canberra. Sedangkan negara-negara bagian yang berada di Australia adalah :
a.    New South Wales : Ibu kota Sydney
b.    Victoria : Ibu kota Melbourne
c.    Quessland : Ibu kota Brisbane
d.    Australia Selatan : Ibu kota Adelaide
e.    Australia Barat : Ibu kota Perth
f.     Tasmania : Ibu kota Hobart
g.    Teritorial Australia Utara : Ibu kota Darwin
h.    Teritorium Ibu kota Australia : Ibu kota Canberra
Iklim Benua Australia dapat dibedakan menjadi a) Iklim Tropis : Australia bagian Utara (memeliki 2 musim hujan dan kemarau), b) Iklim sedang : Australia selatan dan Tasmania ( mengalami 4 musim semi, panas, gugur, dingin) dan c) Iklim gurun : Australia bagian selatan (mempunyai sifat sangat panas dan kering).
Di Benua Australia terdapat beberapa pegunungan yang terkenal yaitu : Pegunungan Alpen Australia di bagian selatan, Pegunungan Hamerslay di bagian barat dan Pegunungan Mc Donell Range di bagian utara. Gunung tertinggi di Australia : Gunung Kosciusko tinggi 2.300 m dan merupakan puncak Pegunungan Alpen (New South Wales).
Di Benua Australia juga terdapat beberapa danau, sungai dan gurun yang terkenal, antara lain Danau Eyre (danau terendah 11 meter di bawah permukaan laut) ada  di Australia selatan. Sungai yang terkenal adalah Sungai Darling (Sungai terpanjang), sungai Diamantina (New South Wales) sungai terbesar yaitu sungai Muray. Sedangkan gurun yang ada di Benua Australias, antara lain : Gurun Gibson, Pasir Besar, Gurun Besar Victoria
Australia merupakan benua yang kaya akan hasil tambang. Oleh karena itu, di Australia terdapat Tambang emas : Kalgorlie dan Kolgardi (Australia barat), Tambang perak : New South Wales, Tambng tembaga dan besi : Quessland dan Tambang batu bara : Sydney dan New Castle.
Walaupun Australia disebut sebagai negara benua, karena terdiri dari satu negara. Namun, Australia juga memiliki negara tetangga yang berada di Benua Australia, yaitu Selandia Baru, yang mempunyai Ibu kota Welliington (Australia bagian Tenggara). Penduduk aslinya adalah bangsa Maori. Selandia Baru masuk dalam negara Oceania, yaitu gugusan Polinesia (gugusan pulau besar). Polinesia terdiri dari : Pulau Utara dan Pulau Selatan, Pulau Steward Island, Kepulauan Catham.

  1. Benua Afrika 
Benua Afrika sering disebut Benua Hitam. karena sebagian besar penduduk Afrika berkulit hitam (bangsa Negro). Benua Afrika merupakan sebuah blok daratan tanpa teluk yang menjorok ke darat maupun semenanjung yang menjorok ke laut. Luas benua Afrika 30.313.000 km². Benua Afrika, dibagi empat wilayah yaitu : Afrika Utara Afrika Tengah, Afrika Barat, Afika Timur dan Afrika Selatan.
Secara astronomis, Benua Afrika terletak di antara 37º 21´LU – 34ºLS dan 51º 24´BT – 17ºBB.  Adapun batas Benua Afrika, di sebelah utara dibatasi oleh Laut Tengah dan Laut Merah, di sebelah timur oleh Samudera Hindia, Selat Babel Mandeb dan Selat Mozambique, di sebelah selatan dibatasi Samudera Atlantik sedangkan di sebelah barat dibatasi oleh Samudera Atlantik, Teluk Guinea dan Selat Gibraltar.
Benua Afrika terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah yang dibatasi oleh tebing-tebing yang curam dan terjal. Pegunungan yang membujur di Afrika adalah Pegunungan Atlas, Pegunungan Afriak Timur dengan puncaknya Kilimanjoro (6010 m) dan puncaknya Kenya (5195 m) yang selalu diliputi salju abadi dan Pegunungan Naga.
Pratinjau GambarBenua Afrika terdiri dari beberapa iklim yaitu : a) Daerah Iklim Tropika, di daerah Afrika Tengah, b) Daerah Iklim Gurun, di daerah gurun Sahara dan Kalahari dan c) Daerah Iklim Subtropika, di daerah pantai Laut Tengah dan semenanjung Afriika Selatan. Hanya di Benua Afrika-lah terdapat Iklim Gurun, karena memang di Benua Afrika terdapat beberapa gurun yang sangat luas, yaitu Gurun Sahara, Kalahari, dan Gurun Libia. Di Benua Afrika juga terdapat beberapa sungai yang terkenal antara lain Sungai Nil, Sungai Zambesi, Sungai Kongo, Sungai Niger, dan Sungai Limpopo. Selain itu, Benua Afrikan tepatnya Di Afrika Selatan terdapat Semenanjung Harapan. Semenanjung ini disebut “Harapan” karena tanahmya subur, kaya tambang emas dan bagi penjelajah samudera apabila sudah sampai  semenanjung tersebut mempunyai harapan untuk bisa sampai ke Asia.
Penduduk Benua Afrika, sebagian besar terdiri dari Suka Bangsa Negro yang  umumnya hidup sederhana dan terbelakang.Mereka bermata pencaharian sebagai petani. Hasil-hasil pertanian : kelapa sawit, kacang tanah, tebu, serat sisal, coklat, kopi, dan kurma. Kerasnya alam dan kurangnya pengetahuan, menyebabkan mereka hidup miskin. Selain itu, bencana alam sering melanda kawasan ini.
Afrika dihuni oleh penduduk berkebangsaan Negro. Oleh karena itu ketika dijajah Belanda timbul politik Apertheid yaitu politik pembedaan kulit. Politik tersebut kemudian diteruskan oleh Inggris yang berhasil mengalahkan Belanda dalam perang Boer. Politik Apertheid akhirnya runtuh berkat perjuagan rakyat di bawah pimpinan Nelson Mandela.
Di daerah Afrika Utara terdapat negara yang tertua di dunia yaitu Mesir dan Ethiopia. Kedua negara tersebut memiliki kondisi alam yang perbedaannya sangat mencolok. Daerah Ethiopia merupakan daerah yang tandus sehingga termasuk negara miskin. Lain halnya dengan Mesir, disana terdapat beberapa peninggalan seperti : Spinx, Obelisk, huruf Hierogliph. Satu-satunya perguruan tinggi di Mesir adalah Al-Azhar. Di Mesir juga terdapat sungai Nil yang melintasi negara Ethiopia, Sudan, dan Mesir. Di samping itu terdapat pula Terusan Suez yang menghubungkan Laut Tengah dan Laut Merah. Terusan ini dibuat oleh orang Perancis tahun 1870, Ferdinant de Lesseps.

  1. Benua Eropa
Benua Eropa merupakan bagian dari daratan Asia. Benua Eropa terdiri dari daratan dan perairan yang terdiri dari banyak teluk yang menjorok ke daratan dan banyak tanjung yang menjulir ke laut. Luas benua Eropa 10.900.000 km².
Secara astronomis, Benua Eropa terletak antara 71º 8´ LU – 36º LU dan 66º BT – 9º 30´ BB. Batas-batas Benua Eropa, di sebelah Utara dibatasi oleh Laut Es Utara (Samudera Arktik), di sebelah selatan dibatasi oleh Laut Tengah (Laut Mediterania), di sebelah barat oleh Samudera Atlantik dan di sebelah timur dibatasi oleh Benua Asia
Penduduk  Benua Eropa dibagi menjadi 4 bagian, yaitu a) Bangsa Germania induk bahasanya Germania : Skandinavia, Finlandia, Swedia, Norwegia, Denmark, Jerman, Belanda, Inggris. b) Bangsa Romania induk bahasanya Romawi : Perancis, Spanyol, Portugis, Italia. c) Bangsa Slavia induk bahasanya Slavia : Rusia, Polandia, Cekoslowakia dan d) Bangsa Yahudi, Turki, Mongolia.
Pratinjau GambarBenua Eropa terdiri dari 5 wilayah yaitu : Eropa Utara, Eropa Barat, Eropa Tengah, Eropa Selatan dan Eropa Timur. Benua Eropa beriklim dingin dan sedang. Daerah yang beriklim dingin berada di sekitar kutub utara yang ditanami tundra. Sedangkan daerah yang beriklim sedang, yaitu daerah-daerah yang memiliki 4 musim (musim dingin, semi, panas, gugur).
Di Benua Eropa terdapat beberapa pegunungan yang sangat terkenal, diantaranya Pegunungan Alpen (pegunungan terpanjang di Eropa) membentang dari Perancis sampai semenanjung Balkan, Pegunungan Pyrenea membentang antara Spanyol dan Prancis, Pegunungan Mount Blane membentang antara Prancis-Italia, Pegunungan Alpenina (Italia) dan Pegunungan Kaukasus di Eropa bagian Tenggara dengan puncaknya Elbrus. Selain itu juga di Benua Eropa terdapat beberapa gunung yang tidak terdapat di belahan benua yang lainnya, seperti Gunung Elbrus (gunung tertinggi di Eropa) terletak di Rusia dan Gunung Olympus terletak di negara Yunani.
Di Benua Eropa juga terdapat beberapa sungai dan danau yang sangat terkenal, seperti Sungai Volga (sungai terpanjang di Eropa) melintasi negara rusia dan bermuara ke Laut Kaspia, Sungai Ebro melintasi negara Spanyol dan bermuara ke Laut Tengah, Sungai Rhein, melintasi negara Perancis, Jerman, Belanda dan bermuara ke Laut Utara (sungai tersibuk di Eropa). Sedangkan danaunya antara lain Danau Saimaa (danau terbesar di Eropa) yang terdapat di Finlandia, Danau Onega dan danau Balaton.
Selain sungai dan danau, di Benua Eropa juga terdapat beberapa semenanjung, seperti Semenanjung Skandinavia (Norwegia, Swedia, Finlandia), Semananjung Liberia (Spanyol, Portugal, Perancis), Semenanjung Balkan (Yunani, Albania, Hungaria, Romania, Bosnia) dan Semenanjung Apenina yang terdapat Italia

LATIHAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
  1. Sebutkan batas-batas wilayah Benua Amerika !
  2. Sebutkan letak astronomis Benua Amerika !
  3. Sebutkan pembagian wilayah Benua Amerika!
  4. Sebutkan beberapa pegunungan yang terdapat di Benua Amerika !
  5. Sebutkan sungai-sungai yang terdapat di Benua Amerika !
  6. Sebutkan batas-batas wilayah Benua Asia !
  7. Sebutkan letak astronomis Benua Asia !
  8. Sebutkan Dataran Tinggi yang ada di Benua Asia !
  9. Bagaimanakah keadaan iklim di Benua Asia ?
  10. Sebutkan beberapa pegunungan yang terdapat di Benua Asia !

Tugas
Kerjakan soal-soal dibawah ini secara berkelompok, jumlah anggota kelompok maksimal 5 orang.

Bacalah buku pintar, lalu lengkapilah bagan yang terdapat di bawah ini.
1.    Asia Selatan
No.
Nama Negara
Ibu Kota
Mata Uang
1.
India
New Delhi
Rupee
2.
Pakistan


3.
Nepal


4.
Bhutan


5.
Bangladesh


6.
Srilangka


7.
Maladewa



2.    Asia Barat
No
Nama Negara
Ibu Kota
Mata Uang
1.
Arab Saudi
Riyadh
Real
2.
Afghanistan
Kabul
Afgani
3.
Bahrain
Manama
Dinar
4.
Iran
Teheran
Real
5.
Irak


6.
Israel


7.
Kuwait


8.
Libanon


9.
Oman


10.
Qatar


11.
Suriah


12.
Turki


13.
Uni Emirat Arab


14.
Yaman Utara


15.
Yordania


16.
Siprus




RANGKUMAN

1.    Dari 8 provinsi pada tahun 1945, 27 propinsi pada tahun 1999 dan 32 propinsi, mulai dari tahun 2000.
2.    Perkembangan jumlah propinsi dilakukan disebabkan oleh jumlah penduduk yang semakin bertambah, perkembangan ekonomi yang pesat, kebutuhan sarana transportasi dan komunikasi yang bertambah dan pertahanan dan keamanan daerah
3.    Otonomi daerah, maksudnya adalah pemerintah daerah diberikan kekuasaan untuk menyelenggarakan dan mengelola rumah tangganya sendiri. Namun tetap harus mengacu pada kebijakan-kebijakan yang berasal dari pemerintah pusat.
4.    Pada zaman Belanda, laut teritorial Indonesia hanya berjarak 3 mil laut (1 mil laut = 1852 m) dari garis pangkal. Namun kemudian, pada 13 Desember 1957. Pemerintah Indonesia, melalui “Deklarasi Juanda” mendapatkan perluasan batas laut teritorial, menjadi 12 mil dari garis pangkal
5.    Keadaan alam di daratan terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, lembah, gunung. Adapun keadaan alam perairan terdiri atas sungai, danau, rawa, pantai, laut, selat, teluk dan samudra.
6.    Negara-negara tetangga Indonesia, di sebelah utara : Malaysia, Singapura, Thailand,Filipina, Myanmar, Vietnam, Laos, Brunei Darussalam, dan kamboja. Di sebelah timur :Papua nugini, dan Timor Leste. Di sebelah tenggara : Australia dan Selandia Baru
7.    Wilayah Benua Amerika memanjang dari utara sampai selatan dan dikelilingi samudera. Luas Benua  42.188.568 km².
8.    Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah, yaitu .Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Barat dan Asia Selatan.
9.    Benua Australia, di sebelah utara dibatasi oleh Laut Timor dan Laut Arafuru, di sebelah timur oleh Laut Koral, Laut Tasman, Samudera Pasifik, di sebelah barat dibatasi oleh Samudera Hindia  dan batas di sebelah Selatan adalah Samudera Hindia.
10. Benua Afrika, dibagi empat wilayah yaitu : Afrika Utara Afrika Tengah, Afrika Barat, Afika Timur dan Afrika Selatan.
11. Luas benua Eropa 10.900.000 km².. Batas-batas Benua Eropa, di sebelah Utara dibatasi oleh Laut Es Utara (Samudera Arktik), di sebelah selatan dibatasi oleh Laut Tengah (Laut Mediterania), di sebelah barat oleh Samudera Atlantik dan di sebelah timur dibatasi oleh Benua Asia


UJI KOMPETENSI
Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a,b,c atau d, yang dianggap sebagai jawaban yang benar

Uji 19
sebagai jawaban yang benar !
1.    Berapakah jumlah propinsi di Indoensia sampai dengan tahun 1997 ?
  1. 32
  2. 26
  3. 27
  4. 52
2.    Propinsi-provinsi ini, yang terdapat di Pulau Sulaweai, kecuali !
  1. Gorontalo
  2. Nias
  3. Sulawasi Selatan
  4. Sulawasi Tenggara
3.    Pulau apa yang paling banyak mengalami perkembangan jumlah provinsinya adalah ?
  1. Jawa
  2. Kalimantan
  3. Sumatera
  4. Sulawasi
4.    Pulau yang paling kecil wilayahnya, tetapi mempunyai penduduk paling banyak adalah ?

  1. Sumatera
  2. Maluku
  3. Papua
  4. Jawa
5.    Provinsi terbaru di Pulau Jawa adalah ?
  1. Jabar
  2. DKI Jakarta
  3. Banten
  4. Jawa Timur
6.    Apa nama ibu kota propinsi Jawa Timur ?
  1. Bandung
  2. Yogyakarta
  3. Surabaya
  4. Semarang
7.    Batas laut kontinen adalah ?
  1. Garis yang merupakan kelanjutan dari benua
  2. Garis yang merupakan kelanjutan dari pulau
  3. Garis batas yang berjarak 12 mil dari garis pangkal ke arah laut lepas
  4. Luas wilayah yang ditarik pada jarak 200 mil laut dari garis dasar laut ke arah laut bebas
8.    Hasil dari ”Deklarasi Juanda” adalah ?
  1. Perluasan garis pangkal Indonesia
  2. Perluasan batas laut teritorial, menjadi 12 mil dari garis pangkal
  3. Perbesaran wilayah darat Indonesia
  4. Perluasan batas laut Indonesia, menjadi 10 mil garis pangkal
9.    Kapan di keluarkannya Deklarasi Juanda ?
  1. 24 Febuari 1976
  2. 14 Desember 1967
  3. 13 Desember 1957
  4. 28 Agustus 1078
10. Garis Pangkal, adalah ?
  1. Garis tempat laut teritorial mulai diukur
  2. Batas laut teritorial
  3. Garis tempat laut kontinen mulai diukur
  4. Garis batas negara Indonesia dengan negara lainnya.

Uji 20
1.    Malaysia terdiri dari :
  1. 7 negara bagian
  2. 10 negara bagian
  3. 11 negara bagian
  4. 52 negara bagian
2.    Berikut ini negara tetangga Indonesia, kecuali !
  1. Malaysia
  2. Vietnam
  3. Laos
  4. Bosnia
3.    Bahasa yang biasa dipakai oleh orang-orang Kamboja adalah ?
  1. Inggeris dan Cina
  2. Pernacis dan Melayu
  3. Khmer dan Perancis
  4. Khmer dan Inggeris
4.    Batas negara Laos adalah ?
  1. Sebelah Barat : Vietnam
  2. Sebelah Utara : RRC
  3.  sebelah utara : Kamboja
  4. Sebelah Timur :  Thailand dan Myanmar
5.    Batas negara Malaysia adalah ?
  1. Sebelah Utara : Thailand, Laut Cina Selatan, Brunei Darussalam
  2. Sebelah Utara : Laut Cina Selatan dan Filipina
  3. Sebelah Barat : Singapura dan Indonesia
  4. Sebelah Selatan: Selat Malaka dan Indonesia
6.    Yanggon adalah ibu kota negara ?
  1. Malaysia
  2. Myanmar
  3. Kamboja
  4. Vietnam
7.    Timor-Timor  memisahkan dari Negara Indonesiam pada tanggal ?
  1. 20 Mei 2002
  2. 18 Agustus 2002
  3. 28 Oktober 1998
  4. 28 Agustus 1978
8.    Arise All Ye Sons, adalah lagu kebangsaan ?
  1. Australia
  2. Selandia Baru
  3. Papua Nugini
  4. Laos
9.    Negara apakah, yang tidak memiliki wilayah laut ?
  1. Kamboja
  2. Vietnam
  3. Korea
  4. Laos
10. Pegunungan : Fan – Si – Pan, terdapat di nagara ?
  1. Kamboja
  2. Vietnam
  3. Korea
  4. Laos.





 Uji  21
1.    Letak astronomis Benua Australia !
  1. 113ºBT-155ºBT dan 10ºLS – 43ºLS
  2. 71º 8´ LU – 36º LU dan 66º BT – 9º 30´BB
  3. 37º 21´LU – 34ºLS dan 51º 24´BT – 17ºBB.
  4. 83º 07` LU- 56º LS dan 34º  45` BB- 172º 27`BT. 
2.    Penemu Benua Australia?
  1. Charles Darwin                    c. James Cook
  2. Colombus                              d. Tom Yorke
3.    Penduduk asli Selandia Baru adalah ....
  1. Australinus                           c. Caucasoid
  2. Melayu                                   d. Maori
4.    Apakah ibu kota Selandia Baru?
  1. Canberra                               c. Wellington
  2. Sdney                                    d. Washinggton
5.    Letak astronomis Benua Afrika ?
  1. 113ºBT-155ºBT dan 10ºLS – 43ºLS
  2. 71º 8´ LU – 36º LU dan 66º BT – 9º 30´BB
  3. 37º 21´LU – 34ºLS dan 51º 24´BT – 17ºBB.
  4. 83º 07` LU- 56º LS dan 34º  45` BB- 172º 27`BT. 
6.    Berapakah luas Benua Afrika ?
  1. 64.897.000 km².                    c. 30.313.000 km².
  2. 31.312.000 km².                    d. 50.313.000 km².
7.    Siapakan pembuat Terusan Suez ?
  1. Charles Darwin                    c. Ferdinant de Lesseps
  2. Colombus                              d. Tom Yorke
8.    Batas wilayah Benua Eropa?
  1. Di sebelah utara dibatasi oleh Laut Es Utara (Samudera Arktik),
  2. Di sebelah utara dibatasi oleh Laut Tengah (Laut Mediterania),
  3. Di sebelah timur oleh Samudera Atlantik
  4. Di sebelah barat dibatasi oleh Benua Asia
9.    Sebutkan letak astronomis Benua Eropa ?
  1. 113ºBT-155ºBT dan 10ºLS – 43ºLS
  2. 71º 8´ LU – 36º LU dan 66º BT – 9º 30´ BB
  3. 37º 21´LU – 34ºLS dan 51º 24´BT – 17ºBB.
  4. 83º 07` LU- 56º LS dan 34º  45` BB- 172º 27`BT
10.  Semenanjung yang terdapat di Benua Eropa, adalah?
  1. Kanibalu                                c. Skandinavia
  2. Suez                                       d. Malaya


0 Responses to “materi IPS mengenal Indonesia”

Post a Comment