Contoh Cerpen Anak

cerpen anak

TIPUAN BURUNG PARKIT

     Tersebutlah seorang pemuda bernama Meseukin. Ketika sedang mencari kayu bakar di hutan, ia menemukan banyak sarang burung paarkit. Ia ingin menangkap burung-burung itu untuk dijual ke pasar. Hari berikutnya, ia kembali ke hutan dengan membawa perekat dan mengoleksinya pada sarang-sarang burung yang ada pada pohon itu. Ia mendengar seekor burung kembali ke sarang dan ia berpikir setelah hari senja, semua burung telah kembali ke sarangnya dan mereka terperangkap semua
raja parkit yang tahu teman-temannya terperangkap oleh jebakan manusia berkata, "tenanglah! kita pura-pura mati saja. Pasti orang itu akan menjatuhkan kita ke tahan. Nah, pada saat itu mulailah menghitung. Bila mendengar suara jatuh yang ke 99 kali, semua segera terbang menyelatkan diri."

     Keesokan harinya, ketika Meseukin memanjat pohon dan memeriksa perangkapnya, ia menemukan burung-burung itu tampak kaku di sarangnya. Ia, menyangka burung-burung itu telah mati lalu membuangnya satu persatu ke tanah. Meseukin baru saja menggenggam raja parkit itu ketika sebuah pisang jatuh dari pohonnya. Burung-burung yang berserakan di tanah menyangka itu adalah burung yang terakhir yang dijatuhkan. Mereka segera terbang menyelamatkan diri. Meseukin baru sadar bahwa ia telah ditipu. Meseukin memelihara raja burung itu dan menempatkannya di sebuah sangkar yang indah. Suara burung yang merdu dan bulunya yang indah membuat orang-orang berdatangan ingin melihatnya. Mereka berdatangan sambil membawa hadiah. Meseukin segera menjadi kaya dan terkenal.
   
     Kabar tentang burung terdengar oleh raja.Sang raja lalu memanggil Meseukin ke istana. Setelah menyaksikan sendiri keindahan dan kemerduan burung tersebut, raja pun tertarik. Lalu, ia membeli burung itu. Meseukin pulang membawa banyak uang dan hadiah dari raja. Raja parkit itu ditempatkan oleh sang Baginda ditempatkan dalam sangkar yang lebih mewah. Setiap hari raja selalu menyempatkan memandang bulu-bulu burung kesayangannya.

     Pada suatu hari, seorang nelayan datang mengabarkan bahwa burung kesayangan raja itu mati. Baginda sangat berduka atas kejadian itu. Ia lalu memerintahkan agar mengubur burung itu dengan layak. Akan tetapi, ketika akan dimasukan ke lubang menyelamatkan diri. Raja parkit itu kini dapat berkumpul kembali bersama teman-temannya.

0 Responses to “Contoh Cerpen Anak”

Post a Comment