Cara Mengembangkan Kecerdasan Multipel Balita


Mengembangkan Kecerdasan Multipel Balita

Teori kecerdasan multipel adalah teori yang dikembangkan oleh Howard Gardner, dimana setiap manusia mempunyai berbagai kecerdasan yang berbeda-beda.Teori yang pertama ditulis di buku Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences ini mengatakan bahwa setiap orang mempunyai jenis kecerdasan yang berbeda-beda dengan tingkat yang berbeda-beda dan oleh karena itu setiap orang mempunyai profil kognitif yang berbeda-beda.

Kecerdasan multipel adalah sesuatu yang bisa dikembangkan sejak dini, dan usia balita adalah usia yang tepat untuk merangsang kecerdasan multipel anak. Bagaimana cara merangsang kecerdasan multipel? Pertama-tama mari kita dalami dahulu kecerdasan apa saja yang termasuk di dalam kecerdasan multipel. Ada delapan kecerdasan di dalam kecerdasan multipel yaitu kecerdasan berbahasa verbal, logika-matematik, visual-spatial, gerak tubuh, musikal, emosi inter-personal, emosi intra-personal dan kecerdasan naturalis. Kita semua bisa membantu anak kita untuk mengembangkan kecerdasan-kecerdasan tersebut. Bagaimana caranya?

Untuk merangsang kecerdasan berbahasa verbal ajaklah bercakap-cakap, bacakan cerita berulang-ulang, rangsang untuk berbicara dan bercerita, menyanyikan lagu anak-anak dan lain-lain. Latih kecerdasan logika-matematika dengan mengelompokkan, menyusun, merangkai, menghitung mmainan, bermain angka, halma, congklak, sempoa, catur, kartu, teka-teki, puzzle, monopoli, permainan komputer dan lain-lain.

Kembangkan kecerdasan visual-spatial dengan mengamati gambar, foto, merangkai dan membongkar lego, menggunting, melipat, menggambar, halma, puzzle, rumah-rumahan, permainan komputer dan lain-lain. Melatih kecerdasan gerak tubuh dengan berdiri satu kaki, jongkok, membungkuk, berjalan di atas satu garis, berlari, melompat, melempar, menangkap, latihan senam, menari, olahraga permainan, dan lainnya. Merangsang kecerdasan musical dengan mendengarkan musik, bernyanyi, memainkan alat musik, mengikuti irama dan nada.

Melatih kecerdasan emosi inter-personal dengan bermain bersama dengan anak yang lebih tua dan lebih muda, saling berbagi kue, mengalah, meminjamkan mainan, bekerjasama membuat sesuatu, permainan mengendalikan diri, mengenal berbagai suku, bangsa, budaya, agama melalui buku, televisi dan lainnya. Melaith kecerdasan emosi intra-personal dengan menceritakan perasaan, keinginan, cita-cita, pengalaman, berkhayal, mengarang cerita, dan sebagainya. Merangsang kecerdasan naturalis dengan menanam biji hingga tumbuh, memelihara tanaman dalam pot, memelihara binatang, berkebun, wisata di hutan, gunung, sungai, pantai, mengamati langit, awan, bulan, bintang dan lainnya.

Bila anak mempunyai potensi bwaaan berbagai kecerdasan dan dirangsang terus-menerus sejak kecil dengan cara yang menyenangkan dan jenis yang bervariasi maka anak kita akan mempunyai kecerdasan multipel. Cara di atas semua mudah dilakukan dan tidak selalu membutuhkan biaya yang besar. Bantu anak Anda mengembangkan kecerdasan multipelnya dan ia pun dapat tumbuh cerdas, sehat dan kuat.

0 Responses to “Cara Mengembangkan Kecerdasan Multipel Balita”

Post a Comment