CARA MENANAM CENGKEH

Tanaman cengkih

MENGENAL TANAMAN CENGKIH

     Tanaman cengkih sangat cocok ditanam di tanah yang gembur dan tidak banyak mengandung air. Pada tanah cadas atau berkarang, pohon cengkih tidak dapat tumbuh dengan subur. Berbeda dengan mangga, jeruk, dan jambu, cengkih dipetih dari bunga yang masih kuncup. Cengkih rasanya pedas.. Pada umumnya, cengkih digunakan sebagai bumbu rempah-rempah dan bahan ramuan obat-obatan. Terdapat dua jenis cengkih yang dikenal dengan nama cengkih ambon dan cengkih zanzibar.
   
     Menanam pohon cengkih tidak dapat dilakukan dengan cara stek ataupun cangkok. Pohon itu harus disemaikan dari biji buahnya. agar lekas tumbuh, biji buah tersebut harus dikupas dan diletakan di tempat khusus benih. tempat benih itu biasanya berupa keranjang kecil atau plastik yang sudah diisi tanah campuran kompos. Setelah berumur lebih kurang dari setengah tahun, benih itu dapat ditanam di kebun.

     Sebelum menanam benih cengkih di kebun, perlu dibuatkan lubang terlebih dahulu. Ukuran lubangnya pun harus memenuhi syarat, yakni 50 cm baik lebar, panjang, maupun kedalaman. selain itu, jarak antara lubang yang satu dengan yang lain yaitu 7 meter. karena cengkih dapat dipetik buahnya setelah berumur tujuh tahun, di sela-selanya dapat ditanami tanaman berumur pendek. Tanaman terbut bisa berupa kacang tanah, kedelai, terung, atau tanaman palawija lainnya.

0 Responses to “CARA MENANAM CENGKEH”

Post a Comment