Teknik dasar Memproduksi Nada (petikan) dalam Bermain Gitar

Teknik dasar Memproduksi Nada (petikan) dalam Bermain Gitar - Hal penting yang mempengaruhi permainan gitar agar menghasilkan suara yang baik adalah teknik memproduksi suara (nada). Teknik memproduksi nada dalam permainan gitar dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kuku jari (pada tangan kanan), posisi menekan padajari kiri, posisi tangan kanan pada waktu memetik dan kualitas alat musik itu sendiri,

Untuk menghasilkan suara yang baik, jari tangan kiri sewaktu menekan dawai harus tepat di belakang fret. Hal ini untuk menghindari suara pecah atau kotor. Sedangkan untuk petikan jari tangan kanan agar menghasilkan suara yang baik adalah petikan pertama mengenai daging jari kemudian dengan cepat mendapatkan tekanan dari kuku. Jadi kuku tidak perlu terlalu panjang, panjang pendeknya kuku sebaiknya disesuaikan dengan anatomi masing – masing, yang jelas dalam pengaturannya permukaan kuku harus halus dan bulat. Dengan cara demikian, tone color (warna suara) yang dihasilkan akan lebih tebal dan bulat.
Sedangkan teknik dasar memproduksi nada (petikan) dalam bermain gitar ada 2, yaitu:
  1. Apoyando, pada umumnya petikan ini biasa disebut petikan bersandar yang sering digunakan untuk memainkan melodi, karena teknik ini menghasilkan tone yang kuat. Teknik ini pelaksanaannya adalah memetik dawai dan mengakhiri jari dengan bersandar pada dawai di atasnya.
  2. Tirando, pada umumnya petikan ini bisa disebut dengan petikan hindar yang sering digunakan untuk memainkan akor dan arpeggio. Teknik pelaksanaannya adalah memetik dawai dan mengakhirinya sampai mendekati telapak tangan tanpa bersandar pada dawai di atasnya.
Selain itu, teknik yang masih jarang digunakan adalah memberikan warna suara yang berbeda dalam memproduksi nada, yaitu dengan cara tangan kanan yang digeser ke depan atau ke belakang lubang suara (sound hole). Untuk memproduksi suara yang lembut posisi tangtan kanan diletakan di depan lubang suara, sedangkan untuk suara keras atau kering tangan kanan diletakan di belakang lubang suara (mendekati bridge) dan untuk suara sedang d tangan kanan diletakan di atas lubang suara. Teknik tersebut biasanya dipergunakan untuk memainkan imitasi pada tema – tema yang sama.

0 Responses to “Teknik dasar Memproduksi Nada (petikan) dalam Bermain Gitar”

Post a Comment