Pengertian Perencanaan Pembelajaran dan Peranan Perencanaan Pembelajaran

Pengertian Perencanaan Pembelajaran

Keberhasilan suatu proses pembelajaran ditentukan oleh perencanaan yang matang. Perencanaan yang dilakukan dengan baik, maka setengah keberhasilan sudah dapat tercapai, setengahnya lagi terletak pada pelaksanaan.

Menurut Bintoro Tjokroamidjojo (1977) dalam Sa'ud dan Makmun (2007: 4) menyatakan bahwa "Perencanaan dalam arti seluas-luasnya tidak lain adalah proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan secara sistematis yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu". Sebagaimana pendapat Tjokroamidjojo, Kauffman (1972) dalam Fattah (2006: 49) menyatakan bahwa "Perencanaan adalah proses penentuan tujuan atau sasaran yang hendak dicapai dan menetapkan jalan dan sumber yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu se-efesien dan se-efektif mungkin". Dipertegas oleh B. Uno (2006) bahwa “perencanaan yakni suatu cara yang memuaskan untuk membuat kegiatan berjalan dengan baik, disertai dengan berbagai langkah yang antisipasif guna memperkecil kesenjangan yang terjadi sehingga kegiatan tersebut mencapai tujuan yang telah ditetapan”.

Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perencanaan, guru dapat menentukan strategi atau langkah secara sistematis untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

Adapun pembelajaran atau pengajaran dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh guru dalam membantu membimbing dan mengarahkan siswa untuk memiliki pengalaman belajar.

Dari pengertian tersebut, maka perencanaan pengajaran dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan merumuskan tujuan-tujuan apa yang ingin dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran, cara apa yang digunakan untuk menilai pencapaian tujuan tersebut, materi atau bahan apa yang akan disampaikan, bagaimana cara menyampaikan bahan serta media atau alat apa yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tersebut.

Peranan Perencanaan Pembelajaran

Karena keberhasilan dari suatu kegiatan sangat ditentukan oleh perencanaannya maka perencanaan pembelajaran dapat berperan sebagai:
  1. Acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar Slebih terarah dan berjalan efien dan efektif.
  2. Sebagai landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator yang ditetapkan.

0 Responses to “Pengertian Perencanaan Pembelajaran dan Peranan Perencanaan Pembelajaran”

Post a Comment