Pengertian Karyawisata | Kelebihan dan kekuarangan metode karyawisata

Pengertian Karyawisata

Karyawisata adalah metode atau suatu cara atau bentuk pembelajaran dimana pelaksanaan atau proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan lingkungan yang ada hubungannya dengan isi materi pada materi pelajaran secra langsung sehingga siswa dapat melihat dan mengalami langsung materi yang di sampaikan pada proses pembelajaran.

Karyawista (fild trip) adalah persiar (ekskursi) yang dilakukan oleh para peserta didik untuk melengkapi pengalaman belajar tertentu dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah. Dengan karyawisata sebagai metode belajar, mengajar, anaka didik dibawah bimbingan guru mengunjungi tempat – tempat tertentu dengan maksud untuk belajar. Berbeda dengan tamasya dimana manusia terutama pergi mencariliburan. Denagan karayawisata manusia diikat oleh tujuan dan tugas belajar. Rusyan ( dalam Seaful Sagara 2007 : 214 ).

Kelebihan dan kekuarangan metode karyawisata

Kelebihan dari metode karyawisata adalah : (a) anak didik dapat mengamati kenyataan – kenyataan yang beranekaragam dari dekat, (b) anak didik dapat menghayati pengalaman baru dengan mencoba turut serta didalam satu kegiatan, (c) anak didik dapat menjawab masalah – masalah dan pertanyaan – pertanyaan dengan melihat, mendengar, mencoba dan membuktikan secara langsung, (d) anak didik dapat memperoleh imformsai dengan jalan mengadakan wawancara atau mendengar ceramah yang diberikan on the spot, (e) anak didik dapat mempelajari sesuatu secaraintegral dan komprehensif.

Kelemahan metode karyawisata (a) memerlukan persiapan yang melibatkan banyak pihak, (b) jika karayawisata sering dilaksanakan akan mengganggu kelancaran rencana pelajaran, apalagi tempat yang dikunjungi jauh dari sekolah, (c) kadang – kadang mendapat kesuliatan dibidang pengangkutan, (d) apabila tempat yang dikunjungi sukar untuk di amati akan membuat siswa menjadi bingung dan tidak akan mencapai tujuan yang diharapkan dan, (e) memerlukan biaya yang relatif tinggi.

Langkah – langkah metode karyawisata

Langkah – langkah yang perlu atau di gunakan dalam metode karyawisata adalah sebagai berikut : (a) perlu merumuskan tujuan – tujuan yang tegas dan jelas, (b) butalah tujuan yang jelas dan kongkrit, (c) penentuan tugas – tugas yang tugas – tugas yang harus dilakukan sewaktu dan sesudah pelaksanaan karyawisata, (d) rencana penilaian pengalaman – pengalaman dan hasil karyawisata.

0 Responses to “Pengertian Karyawisata | Kelebihan dan kekuarangan metode karyawisata”

Post a Comment