Penerapan Konsep Sifat-Sifat Cahaya | Materi Pembelajaran SD

Penerapan Konsep Sifat-Sifat Cahaya

Cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang dapat ditangkap oleh mata. Cahaya memiliki beberapa sifat diantaranya sebagai berikut.

a. Merambat Lurus
Cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan atau celah-celah rumah yang gelap akan tampak seperti garis-garis putih lurus. Hal ini membuktikan bahwa cahaya merambat lurus.

b. Menembus Benda Bening
Benda-bnda yang dapat menerima cahaya terbagi menjadi benda bening dan benda gelap. Benda-benda yang dapat ditembus oleh cahaya disebut benda bening. Benda-benda yang tidak dapat ditembus oleh cahaya disebut benda gelap. Contoh benda bening adalah air jernih, kaca, gelas bening, plastic bening dan botol bening. Contoh benda gelap misalnya kertas, air susu, dan air kopi.

c. Cahaya dapat dipantulkan
Cahaya mengenai permukaan yang licin, seperti cermin datar, cahaya akan dipantulkan. Pemantulan cahaya ada dua jenis yaitu pemantulan baur (pemantulan difus) dan pemantulan teratur. Pemantulan baur terjadi apabila cahaya mengenai permukaan yang kasar atau tidak rata. Pemantulan teratur terjadi jika cahaya mengenai permukaan yang rata, licin, dan mengkilap.

d. Cahaya dapat dibiaskan
Apabila cahaya merambat melalui dua zat yang kerapatannya berbeda, cahaya tersebut akan dibelokkan. Peristiwa pembelokan arah rambatan cahaya setelah melewati medium rambatan yang berbeda disebut pembiasan. Pembiasan cahaya sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dasar kolam terlihat lebih dangkal daripada kedalaman sebenarnya.

1 Responses to “Penerapan Konsep Sifat-Sifat Cahaya | Materi Pembelajaran SD”

Dwi Prabowo :

artikel mengenai Sifat Cahaya sangat bermanfaat untuk saya. thks

February 5, 2017 at 8:12 AM

Post a Comment