Media Pembelajaran Garis Bilangan di Sekolah Dasar

Media Pembelajaran Garis Bilangan
Menurut Arsyad (2007 : 3) “Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar”. Sedangkan menurut KBBI (2007 : 880) “Media diartikan sebagai alat untuk komunikasi perantara atau penghubung”.

Menurut Gatot (2009 : 2.3) “Media adalah alat bantu pembelajaran yang secara sengaja dan terencana disiapkan atau disediakan guru untuk mempresentasikan dan/atau menjelaskan bahan pelajaran, serta digunakan siswa untuk dapat terlibat langsung dengan pembelajaran matematika”.

Menurut gerlach dan Ely (dalam Arsyad, 2007 : 3) bahwa “Media dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Jadi dapat disimpulkan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat diindera yang berfungsi sebagai perantara/sarana/alat untuk proses komunikasi.

“Media dalam pembelajaran matematika relatif sama dengan media dalam pembelajaran bidang yang lain, yaitu dapat dikelompokkan berupa media : media sederhana misalnya papan tulis, papan grafik. Media cetak misalnya buku, modul, LKS (Lembar Kerja Siswa). Media elektronik misalnya OHP (Over Head Projector), audio (radio,tape), audio dan video (TV,VCD,DVD), kalkulator, computer, dan internet (Gatot, 2009 : 2.3)”.

Dalam pembelajaran matematika, seorang guru perlu memilih dan menggunakan media yang sesuai dengan karakteristik siswa, karakteristik bahan pembelajaran, ketersediaan media, biaya yang tersedia, serta kemampuan mengoperasikan alat yang digunakan dalam pembelajaran tersebut. Perlu diperhatikan bahwa masing-masing media mempunyai dampak negatif di samping dampak positif, sehingga pertimbangan media menjadi lebih mendalam.

Pengelompokan berbagai jenis media apabila dilihat dari segi perkembangan teknologi oleh Seels dan Glaslow (1990) dalam (Arsyad, 2007 : 33) dibagi dalam dua kategori yaitu pemilihan media tradisional dan pemilihan media teknologi modern.

a. Media Tradisional
1. Visual yang diproyeksikan
- Proyeksi Opaque (tak tembus pandang)
- Proyeksi Overhead
- Sliders
- Film Strips

2. Visual yang tak diproyeksikan
- Gambar/Poster
- Foto
- Charts, Grafik, Diagram
- Papan Info

b. Media Teknologi Modern
- Media Berbasis Telekomunikasi
- Media Berbasis Mikroprosesor

Dalam hal ini penulis menyimpulkan bahwa media pengajaran garis bilangan termasuk pada kategori pilihan media tradisional visual yang tak diproyeksikan yaitu media grafik. Grafik seperti tabel, grafik, dan chart (bagan) yang menyajikan gambaran/kecendrungan data atau antara hubungan perangkat gambar atau angka-angka.

“Penggunaan grafik media garis bilangan untuk menggambarkan intisari dari keseluruhan materi sebelum menyajikan unit demi unit pelajaran untuk digunakan oleh siswa dalam mengorganisasikan informasi (Arsyad, 2007 : 92).”

0 Responses to “Media Pembelajaran Garis Bilangan di Sekolah Dasar”

Post a Comment