Manfaat Sumber Daya Alam

Metode CTL dengan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah kekayaan alam yang terdapat di bumi. Bentuknya dapat berupa benda mati maupun makhluk hidup. Sumber daya alam disediakan oleh alam. Ada yang langsung memanfaatkan sumber daya alam. Namun, ada pula yang masih harus diolah agar dapat dimanfaatkan.

Berdasarkan keberadaan dan kelestariannya sumber daya alam dibedakan menjadi dua. Di antaranya sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber dalam alam yang tidak diperbaharui.

Sumber daya alam harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Dengan demikian, sumber daya alam tersebut dapat terus kita nikmati. Sumber daya alam yang ada di Indonesia bermanfaat untuk pemenuhan hidup masyarakat. Pemanfaatan sumber daya alam antara kota dan desa berbeda-beda. Pada daerah perkotaan sumber daya alam diolah secara modern. Lain halnya dengan daerah pedesaan yang masih tradisional. Selain itu, kebutuhan sumber daya alam di perkotaan lebih besar dibandingkan di pedesaan. Namun, sumber daya alam yang dimanfaatkan tersebut digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Metode CTL mempunyai kelemahan yaitu apabila metode ini dilakukan di dalam kota dengan materi pemanfaatan sumber daya alam kurang cocok karena CTL menekankan kepada dunia nyata sehingga akan mengeluarkan biaya yang besar mulai dari sarana dan prasarana, tetapi harus diganti dengan materi lain.

2 Responses to “ Manfaat Sumber Daya Alam”

poin4D Com :

thanks atas infonya kak :)
sinidomino

September 23, 2016 at 1:00 PM

poin4D Com :

good article
http://www.sinidomino.com/

September 28, 2016 at 3:46 PM

Post a Comment