Guru Harus Menguasai Macam- macam Model Pembelajaran

Macam- macam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar

1. Metode Ceramah
Metode ceramah merupakan metode yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada objek penelitian secara lisan. Popham dan Baker menjelaskan, bahwa: “setiap penyajian informal secara lisan dapat disebut ceramah, baik formal dan berlangsung selama empat puluh lima menit, maupun yang informal dan berlangsung hanya lima menit” (1983: 95). Metode ini pun digunakan untuk menyampaikan topik bahasan yang memiliki tujuan agar peserta didik dapat memiliki pengalaman terhadap aspek dalam bermain musik seperti mendengarkan, melihat, membaca, menulis, dan menirukan dengan jelas.

2. Metode Demonstrasi dan Eksperimen
Metode demonstrasi dan eksperimen dapat membantu secara cepat dalam proses pembelajaran musik setelah metode ceramah diberikan. Sudjana berpendapat, bahwa: “demonstrasi dan eksperimen merupakan metode mengajar yang sangat efektif, sebab membantu para siswa untuk mencari jawaban dengan usaha sendiri berdasarkan fakta yang benar” (1989: 83).

Berbeda dengan Sudjana, Popham dan Baker memiliki pandangan bahwa ceramah dan diskusi memerlukan tambahan. Untuk itu, guru harus sering mengadakan demonstrasi di kelas.

3. Metode Drill
Metode latihan atau drill merupakan metode yang digunakan untuk melatih siswa agar dapat memahami, menghafal, dan mengerti pada materi yang disampaikan. Khususnya yang berhubungan dengan teknik dan keterampilan. Sudjana menjelaskan, bahwa: “metode latihan pada umumnya digunakan untuk memperoleh suatu ketangkasan atau keterampilan dari apa yang telah dipelajari” (1989: 8).

4. Metode Imitasi
Menurut Gunter yang dikutip oleh Gustina, mengemukakan bahwa: ‘imitasi merupakan tindakan, mendengar, dan mengamati keterampilan-keterampilan teknik dan artistik (posisi tubuh, pernapasan fiksi, dan interpretasi)’ (2004).

Oleh karena itu, Gunter menyarankan sebaiknya siswa atau mahasiswa dapat mencontohi guru/dosen dan para pembimbingnya, agar dapat memperoleh gambaran yang realitas tentang kualitas bermain musik yang baik. Dengan demikian, melalui metode imitasi maka akan terjadi proses peniruan.

5. Metode Apresiasi
Metode apresiasi merupakan cara untuk mendekati karya seni dengan memperhatikan penghayatan, penghargaan, dan penilaian serta pembekalan wawasan dari suatu karya seni.

0 Responses to “ Guru Harus Menguasai Macam- macam Model Pembelajaran ”

Post a Comment