CONTOH PIDATO BERTEMA HARDIKNAS KITA JADIKAN MOMENTUM MENINGKATKAN KREATIVITAS

HARDIKNAS KITA JADIKAN MOMENTUM MENINGKATKAN KREATIVITAS
Oleh : Dra. Teti Gumiati, M.Pd. ( Dosen FKIP UNIGAL )

ASSALAMUALAIKUM WAR.WAB.
Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati,
Ibu/Bapak Guru dan staf karyawan Tata Usaha yang saya hormati,
Anak-anakku para siswa yang berbahagia,
Pertama, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wataala, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya pada hari ini kita dapat melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2009.

Selanjutnya, shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpah curah kepada nabi kita Muhammad saw, para keluarganya, para sahabatnya sampai kepada seluruh ummatnya yang senantiasa setia menjalankan syariat dan ajarannya. Termasuk kita semua. Amiin.

Para siswa yang berbahagia!
Seperti telah kita maklumi bersama, bahwa Tahun 2009 dicanangkan sebagai Tahun Indonesia Kreatif. Pencanangannya dilakukan secara resmi oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta Convencion Centre saat memperingati Hari Ibu, Desember yang lalu.

Tentu saja pencanangan Tahun Indonesia Kreatif ini bukan tanpa alasan. Paling tidak, dicanangkannya Tahun 2009 sebagai Tahun Indonesia Kreatif dapat mendorong kita, insan yang berkiprah di bidang pendidikan untuk senantiasa menciptakan dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan demikian peluang untuk menjadikan bangsa ini tumbuh menjadi bangsa yang kreatif semakin terbula lebar. . Mengapa demikian? Sebab bangsa yang kreatif akan senantiasa menghasilkan budaya unggul sekaligus menempatkannya sebagai bangsa yang unggul pula.

Para siswa yang berbahagia!
Menyambut Hardiknas 2009 kiranya sangat tepat apabila makna Hardiknas kita implementasikan dalam kegiatan sehari-hari, yaitu menjadikan Momentum Hardiknas untuk meningkatkan Kreativitas. Hal ini selaras dengan apa yang diharapkan dan dicanangkan oleh Bapak Presiden bahwa Tahun 2009 adalah Tahun Indonesia Kreatif.

Untuk menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas kita, kiranya perlu diterapkan dalam aktivitas kehidupan kita, yaitu::
Buatlah komitmen untuk lebih giat belajar agar dapat membangun prakarsa.
Berusahalah agar apa yang kita lakukan hari ini selalu lebih baik dari hari kemarin.
Kobarkan semangat untuk berkreasi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki.

Ketiga komitmen tersebut mudah-mudahan dapat menuntun langkah kita menjadi generasi penerus, harapan di masa depan yang akan mampu menciptakan pemimpin-pemimpin yang kreatif, inovatif, dan berkualitas sesuai dengan Nafas dan Jiwa Hari Pendidikan Nasional.

Para siswa yang berbahagia!
Sebagai simpulan amanat kali ini adalah untuk meningkatkan kreativitas perlu dibangun komitmen dan spirit untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri kita dengan berusaha menciptakan yang terbaik sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing sehingga mampu menjadi insan yang bermanfaat bagi diri kita, keluarga, sekolah, lingkungan, dan negara kita.. Dengan demikian Tahun Indonesia Kreatif benar-benar dapat terwujud di negara tercinta.

Hadirin yang saya hormati,
Demikianlah kiranya amanat yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat adanya.
Terima kasih.

0 Responses to “CONTOH PIDATO BERTEMA HARDIKNAS KITA JADIKAN MOMENTUM MENINGKATKAN KREATIVITAS ”

Post a Comment