Pengertian Metode Kolaborasi serta kelebihan dan Kelemahannya

Pengertian Metode Kolaborasi
Alwasilah (2007:25) mengatakan bahwa, pengertian kolaborasi adalah suatu teknik pengajaran menulis dengan melibatkan sejawat untuk saling mengoreksi. Kolaborasi adalah ajang bertegur sapa dan bersilaturahmi ilmu pengetahuan. Selain itu ada pembelajaran berjamaah/bersama (social learning). Salah satu prinsipnya adalah bahwa setiap orang memiliki kelebihan tersendiri.
Dalam kolaborasi setiap orang dibiarkan mengembangkan potensi dan kesenangannya masing-masing, di antaranya: menulis puisi, fiksi, atau artikel opini. Komitmen dan niat masing-masing siswa menetukan pula keberhasilan mereka dalam menulis teks pidato.
Metode ini biasa digunakan utuk melatih dan memberdayakan siwa dalam kegiatan belajar mengajar. Pada kelas besar, biasanya dibuat menjadi kelompok-kelompok kecil untuk berkolaborasi. Dalam setiap kelompoknya, siswa membaca tulisan hasil menulis teks pidato temannya, kemudian mengoreksinya. Kolaborasi ini bukan arena untuk mencari kesalahan orang lain, tetapi untuk belajar dari kesalahan-kesalahan itu, kemudian sama-sama memperbaikinya supaya kesalahan serupa bisa dihindari.
Dalam metode kolaborasi ini, pendekatan proses lebih ditekankan kepada bagaimana siswa menuangkan gagasan menjadi sebuah tulisan. Setelah mendapat komentar dan saran dari guru dan teman berupa coret-coretan perbaikan, siswa menulis dan memperbaiki hasil tulisannya itu. Begitu seterusnya sampai tulisan itu layak dianggap sebagai tulisan yang baik.
Pendekatan proses telah mengubah fokus dari produk tulisan kepada proses menulis yang lebih menjanjikan siswa untuk lebih terampil dalam menulis. Proses menulis lebih menitikberatkan pengembangan gagasan yang dicurahkan untuk mendapatkan hasil tulisan yang optimal. Dalam kesempatan ini, guru sebaiknya memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih berani mengembangkan gagasan yang dimilikinya.

 Kelebihan Metode Kolaborasi
Metode digunakan sebagai kelancaran kegiatan pembelajaran. Keberhasilan guru dalam pembelajaran bergantung pada metode apa yang digunakan dalam pembelajaran tersebut. Setiap metode pasti ada kelebihan dan kelemahannya. Di bawah ini akan diuraikan mengenai kelebihan metode kolaborasi Alwasilah (2007: 109). Kelebihan metode kolaborasi ini diantaranya sebagai berikut.
1)     Menanamkan kerjasama dan toleransi terhadap pendapat orang lain dan meningkatkan kemampuan menyatakan gagasan.
2)     Menanamkan sikap akan menulis sebagai suatu proses karena kerja kelompok menekankan revisi, memungkinkan siswa mengajari sejawat, dan memungkinkan penulis yang agak lemah mengenal tulisan karya sejawat yang lebih kuat (Lunsford: 1986).
3)     Mendorong siswa saling belajar dalam kerja kelompok dan menyajikan suasana kerja yang akan mereka alami dalam dunia professional di masa mendatang (Allen: 1986).
4)     Membiasakan koreksi diri dan menulis draf secara berulang, siswa menjadi pembacanya yang paling setia (Brookes dan Grundy, 1990: 21).

            Jadi, dengan menggunakan metode kolaborasi dapat merangsang kreativitas siswa, dapat mengembangkan sikap, dan dapat memperluas wawasan. Dengan menggunakan metode kolaborasi ini proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
            Berdasarkan uraian di atas, penulis simpulkan bahwa dengan metode kolaborasi menanamkan kerjasama dan toleransi terhadap pendapat orang lain, menanamkan sikap akan menulis sebagai suatu proses, mendorong siswa saling belajar dalam kerja kelompok, dan membiasakan koreksi diri atas kesalahannya.

2.4.4    Kelemahan Metode Kolaborasi
Selain memiliki kelebihan dalam proses pembelajaran, metode kolaborasi juga memiliki kelemahan. Menurut Alwasilah (2007:47) Beberapa kelemahan dari metode kolaborasi sebagai berikut.
1)            Memerlukan pengawasan yang baik dari guru, karena jika tidak dilakukan pengawasan yang baik, maka proses kolaborasi tidak akan efektif.
2)            Ada kecenderungan untuk saling mencontoh pekerjaan orang lain.
3)            Memakan waktu yang cukup lama, karena itu harus dilakukan dengan penuh kesabaran.
4)            Sulitnya mendapatkan teman yang dapat bekerjasama.

Kelemahan dalam metode kolaborasi adalah diperlukannya pengawasan dari guru, ada kecenderungan mencontoh pekerjaan orang lain, memekan waktu yang cukup lama, sulitnya mendapatkan teman yang dapat bekerjasama. Berdasarkan uraian di atas, penulis simpulkan bahwa kelemahan metode kolaborasi yaitu memakan waktu yang cukup lama dan memerlukan pengawasan yang baik dari guru.

0 Responses to “Pengertian Metode Kolaborasi serta kelebihan dan Kelemahannya”

Post a Comment