Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Muda

Oleh: Fauziyah Fithriyani, S.H

Sebuah kutipan yang sangat berarti bagi kami, “Maha mulia ALLAH SWT, yang memberikan banyak kesempatan dan jalan yang dapat ditempuh oleh manusia untuk bisa merasakan kebahagiaan dan kemuliaan dibumi. 

Sesungguhnya, kehendak ALLAH SWT sesuai prasangka hambanya. ketetapan ini berlaku universal, tidak memandang usia, jenis kelamin, derajat/ golongan apalagi pendidikan. Hanya saja kita sering melalaikan keinginan kita. kita tergesa untuk berputus asa dan memvonis bahwa keinginan kita tidak realistis, sangat sulit tercapai, pikiran seperti ini kebanyakan memvirusi generasi muda, Yang beralasan masih pengen hura hura, mereka merasa belum saatnya untuk berfikir tentang kesuksesan,” masih muda” ah banyak alasan !
Mereka berprinsip bahwa kesuksesan itu akan di dapat setelah tua, misalnya diatas usia 40 tahun, “ah nyari duiit mah gampang” tar aja kalau udah mau nikah, begitulah dalih yang sering terdengar padahal usia muda (dibawah 30 tahun) adalah usia emas untuk menciptakan banyak kesuksesan. jika mental blocking seperti ini terjadi, saya yakin kesuksesan tidak akan pernah menghampiri.

Sudah banyak para Tokoh pengusaha yang telah sukses di usia muda, dan ini bukan isapan jempol semata, salah satunya adalah Nurul Qomar diusianya yang ke 26 menunjukan dedikasinya sebagai farmasis yang mampu menciptakan koperasi apotek sebagai wadah kreativitas dan pengabdian Apotek kepada Masyarakat, dan saya sendiri sebagai penulis diusia saya yang ke 20 saya berhasil mendirikan Holding Neo Group dengan Omset mencapai Miliaran Rupiah.

Kesuksesan menurut Penulis :
Kesuksesan adalah keadaan mampu memenuhi semua tujan, cita-cita, dan impian. kesuksesan yang sempurna adalah ketika diri mampu menyeimbangkan antara kesuksesan dunia dan akhirat.

kesuksesan didunia akan diraih jika kita berusaha mencapai kebebasan finansial dan kesuksesan akhirat akan bisa ditunaikan dengan banyak berbagi kepada yang membutuhkan, menunaikan ibadah sosial yang sudah ALLAH SWT sudah anjurkan seperti berkurban, berinfak , sedekah amal jariyah menunaikan ibadah haji, dan sebagainya.
Motivasi Berbisnis di Usia Muda
Karena beberapa faktor dan kendala, tidak senua bidang usaha ayang kita geluti selalu berhasil, bahkan, ada keberhasilan yang hanya bertahan sebentar, keuntungan untuk memiliki bisnis besar harus datang dari diri sendiri. keputusan untuk berwirausaha bukanlah hasil dari paksaan atau bakat. Ada keinginan besar dalam diri untuk berwirausaha dan memotivasi diri supaya lebih serius.

Berwirausaha menjadi pertimbangan karena disana kita lebih leluasa dan bebas menentukan apapun. berbeda dengan seorang karyawan ataupun pegawai yang selalu terjebak dalam rutinitas.

Meskipun tidak semua yang dilakukan memberikan hasil memuaskan, bahkan menghancurkan, ada nilai nilai kepuasan tersendiri dalam menerapkan teori dan praktik ketika berwirausaha. namun, jangan sampai hal ini membuat anda patah semangat. banyak filosofi berwirausaha yang sebetulnya sudah anda terapkan tetapi tidak anda sadar. memegang teguh wejangan (ajaran) berwirausaha adalah ibadah, dan yakinlah bahwa berwirausaha merupakan kegiatan yang baik. meskipun digembleng dan memiliki mental berwirausaha sejak dini, tidak berarti kita tidak akan kecewa. anggaplah semua itu sebagai modal dan tantangan. kegagalan juga bisa menjadi aset. Kegagalan bisa menjadi bahan evaluasi dan tentu saja menjadikan anda tidak ingin mengulanginya lagi.

Pendapat Penulis mengenai Bisnis yang di lakukan Remaja saat ini :
Cara berBisnis yang diterapkan oleh remaja memang harus diterapkan, meskipun masih labil, justru mereka memiliki keberanian yang kiuat. Akan tetapi, agar lebih tepat sasaran, penerapan itu harus diimbangi dengan perhitungan karena jiwa labil anak muda sangat berpengaruh. bisa dibilang unsur gamblingya lebih kuat. Sifat beraninya harus dikombinasikan dengan perhitungan terhadap resikonya. sifat gengsi yang tinggi dikalangan remaja juga bisa menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. ketika usaha yang digeluti sudah mencapai titik statis, alihkan usaha kebidang lain sebagai penggganti.

Sedikit motivasi
Pengusaha properti terbesar indonesia Ir.Ciputra, dalam seminar Enterpreneur di UGM mengemukakan bahwa “Dalam upaya mengatasi kemiskinan dan pengangguran setidaknya diperlukan 2 persen saja dari jumlah penduduk ini yang menjadi pengusaha atau sekitar 4juta pengusaha baru”. Padahal pada saat ini bangsa Indonesia baru memiliki 400 ribu orang atau 0,18 persen yang jadi pengusaha, sedangkan amerika sudah 11,5 persen dan singapura 7,2 persen”.

Ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesa (HIPMI), Erwin Aska, memiliki pendapat yang sama bahwa jumlah pengusaha diindonesia dinilai masih sangat rendah, untuk dapaat bersaing dengan negara negara maju, indonesia memerlukan 4 juta pengusaha baru dalam 25 tahun kedepan. Lebih lanjut Ciputra menambahkan bahwa dua masalah utama yang menjadi kendala masyarakat indonesia dalam menjadi pengusaha adalah (1) penjajahan selama 350 tahun telah mengikis semanagat dan kecakapan wirausaha disebagian besar masyarakat indonesia dan (2) sistem pendidikan hanya memiliki orientasi membentuk SDM pencari kerja bukan pencipta lapangan kerja.

Motivator kondang seperti Bob Sadino, Ippho Santosa, Ari Ginanjar, Safir Senduk, Sandiaga S.Uno, Purdi Chandra, M.Suyatno, Hendi Setiono, Andrias Harefa, Adam Khoo, Robert Kiyosaki, dan semua motivator yang ada diseluruh indonesia sering memberikan ilmu saktinyha demi memotivasi orang banyak dan menanamkan jiwa enterpreneurship pada seluruh masyarakat, Tujuan mereka memang baik dan mulia, namun yang menjadi pertanyaan besar adalah siapa sajakah yang mapu menyerap ilmu tersebut ? apakah hanya mahasiswa ? orang-orang berpendidikan, dan orang-orang berilmu ? nah bagaimana dengan pemuda pemuda yang berasal dari keluarga miskin ? Yang sebenarnya harus dilakukan adalah percaya dan menjalankan apa yang sudah menjadi impian anda melalui motivasi-motivasi yang ada disekitar anda, anda pasti bias memulai sukses dengan memiliki keyakinan tersebut.

Namun, meskipun terkesan teoretis, banyak juga yang mengimani bahkan membuktikannya. untuk memperkuat keyakinan terhadap teori The Secret,Penulis coba membuka al-qur’an, luar biasa, ternyata Al-Qur’an sudah menjelaskan teori ini sebelumnya.
Allah berfirman : “Aku seperti prasangka hambaku.”
Allah Berfirman : “Sesungguhnya aku telah mebuat hamba-ku untung dalam perniagaan” (maha benar Allah dengan segala firmannya)
terbukti sudah. apa yang dipikirkan kita itulah yang akan terjadi karena ALLAH SWT, sudah menjanjikan hal tersebut, Saudaraku, sesungguhnya Allah telah menggariskan kepada seluruh manusia kekayaan, kebahagiaan, dan kesuksesan, akan tetapi, semua kembali kepada kita, bagaimana kita bisa berprasangka baik kepada Allah bahwa kita bisa sukses hanya karna Allah SWT, Kuatkan impian anda, Jadikan impian anda sebagai cita-cita yang harus dipenuhi.

Jurus Jitu
Jika membaca buku yang ditulis oleh Jaya Setiabudi, The Power of Kepepet, anda bisa menemukan bahwa kondisi kepepet merupakan motivasi terbesar didunia, rasanya memang tidak enak, bingung, bahkan hampir putus asa, tetapi sesungguhnya hal penting dalam penciptaan sukses adalah motivasi, secara harfiyah, motivasi adalah latar belakang utama atau alasan utama untuk mencapai tujuan, motivasi merupakan tonggak awal dalam menentukan tujuan, visi, misi, bahkan semua hal penting yang berhubungan dengan masa depan yang ingin dicapai, salah satu manfaat terbesar motivasi adalah untuk menghilangkan mental blocking, atau pikiran-pikiran negatif yang mampu menghambat pikiran-pikiran positif anda, menciptakan sebuah bisnis terasa mudah jika motivasi anda memang untuk berbisnis, memang padsa dasarnya membuat suatu bisnis tidak semudah membalikan telapak tangan karena anda masih memerlukan inovasi untuk menciptakan suatu produk, membangun tim yang solid, bahkan menyiapkan kekuatan dalam menciptakan pasar, kalau anda masih takut memulai bisnis sendiri, cobalah ajak teman yang lebih banyak mengetahui tentang bisnis yang anda akan geluti karena secara tidak langsung anda akan lebih jauh termotivasi dan lebih banyak belajar dari mereka. Yang paling dasar harus diterapkan sejak dini adalah menanamkan jiwa bisnis.

Kenalilah 2 kunci kegagalan, yaitu tidak kuatnya impian dan dalam posisi menyenangkan, Kebanyakan orang jika sudah merasa nyaman, cenderung malas bergerak. jika impiannya tidak kuat, orang itu akan mudah mundur bahkan berhenti ketika terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan baginya. kalu anda memiliki ciri-ciri diatas, insyaflah segera karena pintu kesuksesan sudah menanti anda. dan tentunya anda layak mendapat kesuksesan.

Bagaimana jika kita sudah berada diposisi nyaman ? jawabnya, buatlah diri anda kepepet (disarankan membaca buku jaya setiabudi, dijamin anda akan kepepet). lalu, apa yang harus saya lakukan untuk menguatkan impian saya ? ya kuat-kuatkan diri. orang lain hanya mampu menambah motivasi anda, tentang impian tentu anda sendiri yang menentukan
“asah terus motivasi anda sukses berbisnis diusia muda. jangan biarkan pikiran-pikiran negatif menguasai tujuan mulia anda”.Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Muda 

Berikut merupakan Solusi tentang bagaimana cara memulai Karier berbisnis Anda
1.Tulis daan Visualisasikan semua impian anda
Otak manusia memiliki keterbatasan mengingat, maka tulislah semua detail impian anda, selain akann membantu mengingat impian anda, menulis juga mampu membantu anda merencanakan impian, menulis memang membosankan tapi jangan sepelekan, banyak orang sukses dari profesi menulis, hampir disetiap aktivitasnya otak kanan membutuhkasn menulis, pencipta lagupun membutuhkan menulis saat menciptakan lagu, bahkan Ir.Soekarno membutuhkan tulisan saat mengumandangkan proklamasi indonesia.
Langkah menulis dan memvisualisasikan impian adalah :
A.buat daftar tentang impian impian anda, tentu akan sangat baik jika anda membubuhkan detail, hari, tanggal, bulan dan tahun, tujuannya adalah membantu anda menciptakan target sehingga anda termotivasi lebiuh giat membangun bisnis.
B.Tuliskan prioritas impian anda. dari yang paling kecil sampai yang paling besar berusahalah mendetailkan impian anda dan buatlah susunan prioritasnya, mana yang lebih dulu mudah dicapai menurut anda, lalu masukan ketabel tadi.
Jika anda telah memiliki target target anda harus menguatkan diri untuk mencapai impian-impian itu sebab itu adalah motivasi terbesar diri anda

2.Masuklah komunitas-komunitas pengusaha
pepatah mengatakan :”Jika anda ingin menilai seseorang, jangan pernah melihat siapa orang itu, tetapi lihatlah siapa dan bagaimana orang yang bergaul dengannya.”
Biasanya generasi muda bergaul dengan teman-teman sepantarnya yang satu Visi dan Misi terutama dalam hal bersenang-senang, cobalah menambah pergaulan kedunia pengusaha. untuk itu, anda bisa ikut dalam organisasi-organisasi atau komunitas enterpreneur, mengapa anda haru masuk ke komunitas komunitas pengusaha ? yaitu supaya anda lebih banyak belajar, bagaimana cara memulai, dan mempelajari pengalaman pengalaman pengusaha yang suidah terjun kedunia bisnis, anda hanya melanjutkan bukan memulai dari nol. Belajar dari pengalam mereka berarti anda tiudak memulai dari nol tetapi anda melanjutkan kesuksesannya, keuntungan lain yaitu anda bisa mengembangkan jaringan seluas-luasnya karena ketika memutuskan akan berbisnis, anda harus menjaring pasar untuk mengembangkan produk sehingga perusahaan anda berkembang pesat dan dikenal banyak orang.

3.Kenali dan Geluti setiap detail bisnis anda
Sebelum anda lebih jauh, cobalah pilih dan geluti setiap detail bisnis yang anda pilih, ciptakan pasar, dan anda juga bisa banyak belajar bagaimana cara memulai bisnis dengan teman teman anda dikomunitas pengusaha yang telah lama dan sukses didunia Bisnis.

4.Kuatkan niat dan siapkan diri
Didalam berbisnis pasti anda mengalami kegagalan, senggol kiri atau kanan, banyak kondisi mendesak tak terduga, jika anda tidak kuat pasti anda akan jatuh dan mungkin tidak akan mau lagi berbisnis, maka dari itu, itulah pentingnya point ke 2 diatas, pembelajaran dan pengambilan sikap dapat anda pelajari didalam komunitas komunitas pengusaha, cobalah berfikir positif dan hadapi masalah dengan cerdas dan efisien.

5.Berdoa dan ingat tujuan awal
Ditengah kesibukan berbisnis janganlah lupa beribadah dan berdoa, sebab ridho sang pencipta merupakan suatu kunci kesuksesan, didalam keadaan apapun disaat anda terdesak berdoalah dan ingat tujan awal anda membangun usaha, jangan biarkan fikiran negative menghancurkan mimpi mimpi anda.

Jalan hidup berbisnis
Banyak jalan menuju kesuksesan, ada yang melalui jalur dibelakang meja (menjadi karyawan), ingin menjadi investor, ingin menjadi profesional, atau ingin menciptakan lapangan pekerjaan dengan menjadi pengusaha ? sesungguhnya Allah telah menuliskan perkara hidup mati, jodoh, rezeki, takdir, tetapi percayalah Allah telah menuliskan skenario tentang kesuksesan tiap manusia, akan tetapi semua memang kembali kepada manusia itu sendiri, apakah dia mau mengubah nasibnya atau tidak.

Jalan hidup sebagai pengusaha muda akan banyak pelajaran berharga yang bisa kita ceritakan pada keturunan kita nantinya, bagaimana pahitnya perjuangan dan bagaimana nikmatnya hasil jerih payah, kesemuanya akan menjadi pelajaran indah dan membekas bagi siapapun, terutama bagi s ipelaku bisnis, memulai usaha diwaktu muda sama halnya dengan pesawat terbang yang hendak take off, ketika pesawat hendak meluncur, roda-roda pesawat mengalami gesekaan luar biasa karen menopang beban yang begitu berrat, akan tetapi seiring berputarnya roda , gesekan itu kian berkurang, bahkan ketika pesawat itu lepas landas tidak ada lagi gesekan, yang ada hanya kebebasan dan keberhasilan. memulai bisnis itu memang tidak mudah, kendala sering kita temui, permasalahan, godaan, bahkan keputus asaan sering mewarnai, semua penghalang itu kita anggap gesekan, ketika kita bisa mengurangi gesekan itu dengan mencari jalan keluar dari seluruh permasalahan, kemudahan-kemudahan akan kita raih bahkan bom atom pun bisa anda bentuk, yang akan meledakan bisnis anda.

Sebuah komitmen adalah hal terkuat untuk kelangsungan bisnis anda. tentu itu saja tidak cukup, saran penulis jika anda belum berani sendiri untuk memulai mebuat suatu usaha atau perusahaan adalah anda harus melewati langkah ini terlebih dahulu,yaitu :
1.Bentuk tim kerja
2.Ciptakan produk yang akan menjadi core bisnis anda
3.Ciptakan market yang mebutuhkan bisnis anda
4.jika langkah 1-3 sudah anda lakukan, legalkan bisnis anda jika ada yang terlewat dari ketiga langkah tersebut disarankan anda menunda langkah keempat ini
apakah semudah itu jalan bisnis dan jalan pencapaian kesuksesan ?
Tentu tidak, banyak kondisi mendetail tentang perihnya merintis suatu usaha, dikejar hutang, bangkrut, depresi, tetapi jangan takut, jangan menganggap diri anda, paling, sebab masih ada orang yang lebih menderita, tetapi mereka bisa membalik keadaan, mengapa anda tidak bisa ?
Tak perlu takut, bersiaplah memasuki Generasi sukses selanjutnya !

1 Responses to “Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Muda”

safri syamsudin :

FBS IndonesiaBroker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex fbsindonesia.co.id
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : FBSID007

December 12, 2016 at 8:04 PM

Post a Comment