MAKALAH PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

A.    Model Pengembangan TIK dalam Pendidikan
Program pengembangan TIK bidang pendidikan akan dilaksanakan melalui tahap-tahap sebgai berikut :
1.      Tahap pertama meliputi a) merancang system jaringan yang mencakup jaringan internet,yang menghubungkan sekolah-sekolah dengan pusat data dan aplikasi,serta jaringan internet sebagai sarana dan media komunikasi dan informasi di sekolah b) merancang dan membuat aplikasi database c) merancang dan membuat aplikasi manajemen untuk pengelolaan pendidikan di pusat,daerah dan sekolah d) merancang dan membuat aplikasi pembelajaran berbasis web,multimedia dan interaktif.
2.      Tahap kedua meliputi a) melakukan implementasi system pada sekolah-sekolah di Indonesia yang meliputi pengadaan sarana dan prasarana TIK dan pelatihan tenaga pelaksanaan dan guru b) merancang dan membuat aplikasi pemebelajaran.
3.      Tahap ketiga dan keempat adalah tahap memperluas implementasi sistem di sekolah-sekolah.
B.     TIK dan Sistem Manajemen Sekolah
1.      Perangkat Lunak
Piranti lunak adalah program computer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras.
2.      Manfaat TIK dalam Manajemen Sekolah
a.       Manfaat bagi pemerintah : membantu tersedianya database yang akurat,mempercepat pemerataan pencapaian standar nasional pendidikan,membantu pengendalian penyelenggaraan pendidikan.
b.      Manfaat bagi sekolah : membantu sekolah memperbaiki system manajemen dan operasionalnya,membantu sekolah dalam hal panyaluran informasi,membantu sekolah untuk menyediakan sumber informasi.
c.       Manfaat bagi guru : membuka peluang bagi guru untuk mengembangkan bahan ajar yang berbasis TIK,membantu gurur untuk menyusun rencana pembelajaran termasuk penyediaan sumber belajar multi media
d.      Manfaat bagi orang tua : memantau aktivitas dan hasil belajar anaknya di sekolah,melihat tugas-tugas dari sekolah,melihat berbagai program sekolah.
e.       Manfaat bagi siswa : membantu siswa untuk terampil menggunakan TIK,membantu siswa untuk melihat dan mentelaah materi belajar per pertemuan,membantu siswa untuk mengerjakan tugas-tugas dan ujian yang diberikan oleh guru secara online,membantu siswa membangun kerja kolaboratif,memotivasi siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.
f.       Manfaat bagi komite sekolah : memudahkan pengurus komite untuk memantau dan mengevaluasi program pendidikan,memudahkan pengurus komite untuk berkomunikasi dengan tenaga pendidik dan kependidikan,memudahkan pengurus komite untuk terlibat dalam menyusun dan merancang program pengembangan pengelolaan sekolah dan peningkatan mutu pembelajaran.
C.    TIK dan Proses Pembelajaran
1.      Pembelajaran Berbantuan Komputer
Dalam bidang pendidikan computer memiliki fungsi yang beragam salah satunya adalah fungsi media pembelajaran,yang dapat meliputi penyajian materi dan latihan.Model pembelajaran seperti ini biasa disebut dengan “computer-asissted instruction” (CAI) atau computer-assisted learning (CAL).Manfaat positif computer dalam bidang pendidikan 1)  sebagian siswa setuju bahwa laboratorium computer membuat pelajaran lebih menarik.2) siswa merasa percaya diri mengerjakan kegiatan berbasis tugas (task-based activities).
2.      Komputer dan Siswa
Komputer memberikan pengaruh positif terhadap penghargaan diri siswa,siswa dapat belajar secara mandiri,sebagai alternative siswa juga dapat bekerja secara kelompok,computer menawarkan akses yang diinginkannya,pembelajaran berbantuan computer adalah cara yang efektif secara financial untuk pembelajaran mandiri.
3.      Komputer dan Guru
Komputer sangat bermanfaat untuk mendukung peranan guru dalm proses belajar mengajar,namun tidak dapat menggantikan peranan guru yang kehadirannya penting dan senantiasa dibutuhkan sebagai pembimbing dan mediator.
4.      Beberapa Perangkat Lunak/Fasilitas TIK untuk Tujuan Media Pembelajaran
a.       CD ROM
b.      Internet
c.       System Manajemen Pembelajaran
d.      Authoring Program/Template Pengembangan Bahan Ajar
e.       TV Edukasi
D.    Pengelolaan TIK
Beberapa aspek yang juga perlu dipertimbangkan dalam pengelolaan TIK disekolah.
1.      Keterampilan TIK
2.      Buku Panduan TIK
3.      Sekuriti Perangkat Keras dan Lunak
4.      Pajangan Bermanfaat
5.      Pemeliharaan dab Rutinitas
6.      Mengelola rekaman pekerjaan yang telah dilakukan siswa
7.      Manajemen Infrastruktur
8.      Manajemen Keuangan
9.      Praktek yang baik dalam tugas administrasi
10.  Mempromosikan TIK
Berikut adalah saran-saran yang bisa dilakukan untuk mempromosikan TIK yaitu :
a.       Buat bermanfaat
b.      Membantu
c.       Menuntun dengan contoh
d.      Dapatkan hasil
e.       Dapat diakses
f.       Menjaga pajangan tetap baik
g.      Staf selalu di informasikan
h.      Orang tua juga di informasikan
11.  Pengelolaan penggunaan Internet

1 Responses to “MAKALAH PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN ”

ahmad syukron :

Assalamua'alaikum, saya ingin berkomentar bahwa artikel ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas pribadi saya dan tentunya juga menambah ilmu, silahkan kunjungi http://library.gunadarma.ac.id/ untuk mendapatkan tambahan ilmu sebagai bahan rekomendasi

December 27, 2016 at 1:09 AM

Post a Comment