MAKALAH INTERNET DALAM PEMBELAJARAN

NTERNET DALAM PEMBELAJARAN

A. Pengertian Internet
Internet adalah sumber informasi yang menjangkau seluruh dunia,sebagai jaringan global yang mengkoneksikan ribuan bahkan jutaan computer dengan muatan isi yang beragam,seperti pendidikan,pemerintahan,bisnis,budaya,dan teknologi.

B. Perkembangan Internet
Tahun 1969 sejarah berawal ketika Departemen Pertahanan Amerika,U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer.Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.

Pada 1972,Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail untuk ARPANET.
Tanggal 26 Maret 1976 Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.Pada 1979 Tom Truscott,Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan news group pertama yang diberi nama USENET.
 
Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol (TCP) dan internet protocol (IP). Eropa mucul jaringan computer tandingan yang dikenal dengan Eunet yang menyediakan jasa jaringan computer di Belanda,Inggris,Denmark dan Swedia.Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah,ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan bowser yang bisa menjelajah antara satu computer dengan computer lainnya,yang membentuk jaringan itu.Program inilah yang disebut WWW (World Wide Web)

Pada 1994,situs internet telah tumbuh 3000 alamat halaman,dan untuk pertama kalinya virtual- shopping atau e-retail muncul di internet.Di tahun yang sama Yahoo ! didirikan yang sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Fungsi Internet
1. Fungsi Alat Komunikasi
2. Fungsi Akses Informasi
3. Internet Browser
4. Title Bar
5. Menu Bar
6. Address Bar

C. Kelebihan dan Kekurangan Internet
Manfaat internet dalam dunia pendidikan tidak digunakan lagi dengan tersedianya informasi dalam berbagaui bidang dalam jumlah yang melimpah.Kekayaan akan informasi yang sekarang tersedia di internet baru benar-benar dimanfaatkan oleh para penentu kebijakan dalam pendidikan.Layanan Internet dan Manfaatnya dalam Pembelajaran

1. E-mail
E-mail adalah fasilitas internet yang sangat popular yang digunakan untukberkorespondensi antara seseorang dengan lainnya dimanapun dan kapan pun mereka berada.Dengan fasilitas email ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat,gambar,suara dan video.

D. Petunjuk Singkat Penggunaan Beberapa Fasilitas Internet
1. Petunjuk singkat penggunaan email
a. Cara mendaftarkan diri ke e-mail
Langkah awal untuk menggunakan fasilitas e-mail dengan menggunakan search engine yahoo.com dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Aktifkan bowser,kemudian ketik alamat website ini www.yahoo.com pada address bar,dan klik Go di samping kanan address bar atau tekan enter.
2. Untuk mendapatkan e-mail gratis,kliklah link free mail Sign Up.
3. Isilah formulir pendaftaran.


b. Membuka E-mail (log in/sign in)
1. Aktifkan browser,kemudian ketik alamat website ini www.yahoo.com pada address bar dan selanjutnya klik Go di samping kanan address bar atau tekan enter.
2. Masukan Yahoo ID dan password (kata sandi).
3. Setelah prose Sign In.

c. Mengirim e-mail
1. Setelah Logn In,maka klik tombol compose/tulis surat di sisi kiri tampilan kotak surat.
2. Isi bagian berikut :
Kepada (to) di isi dengan alamat email tujuan
Perihal (subject) di isi dengan maksud atau tema surat yang dikirim
CC (copy carbon) di isi dengan alamat email dari orang yang ingin juga menerima email yang dikirim sebagai tembusan
BCC (blid carbon copy) di isi dengan alamat email dari orang yang ingin juga menerima email yang dikirim sebagai tembusan
Use my signature tandai dengan checklist bila menginginkan tanda tangan anda tampilkan di email
Body text area tempat dimana anda dapat menuliskan isi surat
Klik tombol SEND untuk melakukan proses pengiriman.
d. Menyiapkan/melampirkan file/gambar
1. Pastikan telah Log in dan file dokumen yang akan dikirim telah disiapkan dan tersimpan dalam disk.
2. Klik tombol copose (tulis surat) di sisi kiri tampilan kotak surat.
3. Isi bagian berikut kepada (To),perihal (subject),CC (bila perlu),BCC (bila perlu).
4. Kemudian pada sisipan,klik tombol attach files
5. Klik bowse dan tentukan nama file dokumen atau gambar yang akan dikirim,kemudian klik tombol open.
6. Klik tombol continue to massage untuk kembali ke penulisan e-mail.
e. Membaca e-mail
1. Klik check mail atau inbox pada bagian sisi kiri kotak email anda.
2. Klik nama pengirim pada bagian from,missal klik nana Yahoo.
f. Membuka sisipan/lampiran e-mail (file/gambar)
1. Untuk melihat atau membaca file dokumen atau gambar,klik icon kecil berbentuk clip (view attachment details)
2. Pilih salah satu pilihan misalnya save to computer sehingga anda dpaat menyimpan file dokumen atau gambar dalam disk
3. Klik pilihan save to computer dan akan terlihat pilihan download attachment
4. Tentukan nama file,kemudian save untuk menyimpannya
5. Klik tombol open untuk membuka dan mengaktifkan file dokumen.klik close untuk menutup kotak dialog tersebut
6. Untuk membaca atau menampilkan file dokumen atau gambar,klik dua kali pada file dokumen atau gambar pada windows explorer.

g. Menghapus e-mail
1. Log in pada kotak surat (inbox) klik pada tombol kotak surat di sisi kiri tampilan kotak surat,sehingga email yang masuk akan terlihat
2. Tandai dengan checklist nama email yang akan dihapus
3. Untuk memilih semua alamat email klik check all atau sebaliknya clear all
4. Setelah nama email tersebut ditandai dengan checklist klik tombol hapus/delete
h. Keluar dari e-mail (log out/Sign Out)
1. Pastikan masih berada pada kotak surat atau proses email klik Sign Out
2. Pada tampilan tersebut terlihat bahwa telah Sign Out atau keluar email.kemudian Klik close di pojok kanan atas halaman website untuk menutup Web Site tersbut.
E. IStilah-istilah penting seputar internet
1. Modem (modulator demodulator) ialah sebuah peralatan elektronik yang dapat mengubahdata serial yang dimiliki oleh computer menjadi sinyal audio yang dimiliki oleh kabel telepon dan sebaliknya,dari sinyal audio menjadi data serial.
2. HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah salah satu protocol bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antar server computer dalam internet.
3. URL (Uniform Resource Locator) adalah salah satu sistejm penamaan alamat situs web dinamakan internet Adress (alamat internet).
4. WWW (world Wide Web) atau ringkasnya web merupakan bagian dari protocol bahasa HTTP yang paling popular daloam internet.
5. HTML (hypertext Markup Language) merupakan bahasa program yang digunakan untuk menulis format dokumen yang dapat diakses dalam web.
6. Hyperlink (hypertext Link) atau lebih diringkas lagi dengan sebutan Link adalah suatu bagian tertentu dalam dokumen HTML yang mengacu kepada suatu dokumen file lain ataupun bagian lain dari dokumen file yang sama.
7. Web browser adalah program atau software yang dirancang untuk mencari dan menampilkan dokumen web dalam format HTML.
8. Website atau situs web adalah setiap computer atau tempat dalam computer yang terhubung dengan internet dan mejalankan fungsi dan proses sebgai server web yang berisi dokumen dalam format HTML.
9. Web page adlaah sebuah file HTML yang disimpan oleh sebuah server computer dan merupakan bagian dari kumpulan file yang dimiliki web site.
10. E-mail atau suarat elektronik ialah pesan tertulis yang dikirim dari seseorang pengguna computer kepada pengguna computer yang lain dengan menggunakan fasilitas program pengiriman data yang disediakan oleh sebuah server computer yang terhubung dengan internet.
11. Chat adlah sebuah fasilitas internet yang memungkinkan sejumlah pengguna yang bergabung di dalamnya untuk berkomunikasi lewat tulisan.
12. Mailing List disingkat Milis yaitu kumpulan atau daftar dari sejumlah alamat e-mail yang digabungkan menjadi satu alamat e-mail.
13. Download yaitu mengambil file dari sebuah computer internet ke computer pribadi (user).

0 Responses to “MAKALAH INTERNET DALAM PEMBELAJARAN”

Post a Comment