KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN

PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN 

A.    Sumber Penyakit Akibat  Kerja Pada Komputer
1.      Keyboard
Alat untuk menuliskan perintah melalui aksara dan angka ke dalam layar monitor yang sebelumnya perintah tersebut diolah secara elektronis oleh central processing unit (CPU).
Keyboard sebagai penghubung antara manusia dan komputer merupakan salah satu sumber penyebab penyakit akibat kerja selain disebabkan karena layar monitor,meja dan kursi komputer maupun printer yang pada umumnya berupa nyeri otot.
2.      Layar Monitor
Bekerja dengan komputer ternyata dapat mengalami penyakit akibat kerja yang berasal dari layar monitor.Mata adalah organ tubuh yang paling mudah mengalami penyakit akibat kerja,karena terlalu sering memfokuskan bola mata ke layar monitor.Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan  warna yang panas seperti warna merah,kuning,ungu,orange akan lebih mempercepat kelelahan pada mata.
3.      Meja dan kursi komputer
Meja dan kursi komputer adalah alat penunjang kerja yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kerja operator komputer.Kelelahan kerja akan cepat timbul bila meja dan kursi tidak memnuhi persyaratan kerja yang baik (tidak  ergonomis) meja komputer yang baik adalah meja yang dilengkapi dengan alat sandaran kaki (foot rest)  dan bawah meja memberikan ruang gerak bebas  bagi kaki.
4.      Printer
Printer sebagai alat pencetak hasil kerja dengan komputer ternyata dapat pula menimbulkan kelelahan kerja.Operator komputer seringkali merasa terganggu karena kebisingan yang ditimbulkan oleh mesin printer.Printer yang baik pada umumnya tidak menimbulkan kebisingan,sedangkan printer  yang tidak baik  kebisingan yang ditimbulkan cukup tinggi.
B.     Keselamatan Kerja dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan
Keselamatan kerja dapat diciptakan dan diusahakan dengan memperhatikan aturan-aturan serta ketentuan yang umumnya sudah ditetapkan.

Keselamatan kerja dapat dimaknai sebagai upaya menghindari kerugian besar akibat pekerjaan yang dilakukan.Oleh sebab itu,keselamatan kerja terarah pada keselamatan orang yang bekerja dan keselamatan pada alat yang digunakan termasuk lingkungan sekitar.

0 Responses to “KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN ”

Post a Comment