KAWASAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

KAWASANTEKNOLOGI PEMBELAJARAN

 A.    Kawasan Desain
Desain pada pembahasan ini adalah proses untuk menentukan kondisi belajar dengan tujuan menciptakan strategi da produk.
Kawasan desain bermula dari gerakan psikologi pembelajaran,terutama diilhami dari pemikiran B.F. Skinner (1954) tentang teori pembelajaran terprogram (programmed Intruction).
B.     Kawasan Pengembangan
1.      Teknologi Cetak : adalah cara untuk memproduksi atau menyampaikan bahan seperti : buku-buku,bahan-bahan visual yang statis,terutama melalui pencetakan mekanis atau photografis.Teknologi ini menjadi dasar untuk pengembangan dan pemanfaatan dari kebanyakan bahan pembelajaran lain.Hasil teknologi ini berupa cetakan.Teks dalam penampilan komputer suatu contoh penggunaan teknologi computer untuk produksi.
Secara khusus,teknologi cetak/visual mempunyai karakteristik sebagai berikut :
a.       Teks dibaca secara linear,sedangkan visual direkam menurut ruang.
b.      Keduanya biasanya memberikan komunikasi satu arah yang pasif.
c.       Keduanya berbentuk  visual yang statis.
d.      Pengembangannya sangat bergantung kepada prinsip-prinsip linguistic dan persepsi visual.
e.       Keduanya berpusat pada pembelajar.
f.       Informasi dapat diorganisasikan dan distrukturkan kembali oleh pemakai.
2.      Teknologi Audio-Visual merupakan cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Pembelajaran audio-visual dapat dikenal dengan mudah karena menggunakan perangkat keras di dalam proses pengajaran.Peralatan audio-visual memungkinkan pemproyeksian gambar hidup,pemutaran kembali suara,dan penayangan visual yang berukuran besar. Karakteristik sebagai berikut :
a.       Bersifat linear
b.      Menampilkan visual yang dinamis
c.       Secara khas digunakan menurut cara yang sebelumnya telah ditentukan oleh desainer/pengembang.
d.      Cenderung merupakan bentuk representasi fisik dari gagasan yang riil dan abstark.
e.       Dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip psikologi tingkah laku dan kognitif
f.       Sering berpusat pada guru,kurang memperhatikan interaktivitas belajar si pembelajar.
3.      Teknologi Berbasis Komputer  merupakan cara-cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan perangkat yang bersumber pada mikropropesor.Pada dasarnya,teknologi berbasis computer menampilkan informasi kepada pembelajar melalui tayangan di layar monitor.
4.      Teknologi Terpadu merupakan cara untuk memproduksi dan menyampaikan bahan dengan memadukan beberapa jenis media yang dikendalikan computer.Keistimewaan yang ditampilkan oleh teknologi ini khususnya dengan menggunakan computer dengan spesifikasi tinggi,yakni adanya interaktivitas pembelajar yang tinggi dengan berbagai macam sumber belajar.
C.    Kawasan Pemanfaatan
Pemanfaatan adalah aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar.Fungsi pemanfaatan sangat penting karena membicarakan kaitan antara pembelajar dengan bahan atau system pembelajaran.
1.      Pemanfaatan Media yaitu penggunaan yang sistematis dari sumber belajar.Proses pemanfaatan media merupakan proses pengambilan keputusan berdasarkan pada spesifikasi desain pembelajaran.
2.      Difusi Inovasi adalah proses berkomunikasi melalui strategi yang terencana dengan tujuan untuk diadopsi.
3.      Implementasi dan Intstitusionalisasi yaitu penggunaan bahan dan strategi pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya (bukan tersimulasikan).Sedangkan institusionalisasi penggunaan yang rutin dan pelestarian dari inovasi pembelajaran dalam struktur atau budaya organisasi.
4.      Kebijakan dan regulasi adalah aturan dan tindakan yang mempengaruhi difusi dan pemanfaatan teknologi pembelajaran.Kebijakan dan peraturan pemerintah mempengaruhi pemanfaatan teknologi.Kebijakan regulasi biasanya dihambat oleh permasalahan etika dan ekonomi.

D.    Kawasan Pengelolaan
Pengelolaan meliputi pengendalian teknologi pembelajaran melalui : perencanaan, pengorganisasian,pengkoordinasian dan supervise.kawasan pengelolaan bermula dari administrasi pusat media,program media dan pelayanan media.
1.      Pengelolaan Proyek meliputi : perencanaan,monitoring dan pengendalian proyek desain dan pengembangan.Pengelolaan proyek berbeda dengan pengelolaan tradisional.
2.      Pengelolaan Sumber mencakup perencanaan,pemantauan,dan pengendalian system pendukung dan pelayanan sumber.Pengelolaan  sumber memiliki arti penting karena mengatur pengendalian akses.
3.      Pengelolaan system penyampaian meliputi perencanaan,pemantauan,pengendalian cara bagaimana distribusi bahan pembelajaran diorganisasikan hal tersebut merupakan suatu gabungan antara medium dan cara penggunaan yang dipakai dalam menyajikan informasi pembelajaran kepada pembelajar.
4.      Pengelolaan Informai meliputi perencanaan,pemantauan dan pengendalian cara penyimpanan,pengiriman/pemindahan atau pemprosesan informasi dalam rangka tersedianya sumber untuk kegiatan belajar.
E.     Kawasan Penilaian
Penilaian merupakan proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar mencakup yaitu : 1. Analisis masalah, 2. Pengukuran acuan patokan,3. Penilaian formatif,4. Penilaian sumatif.

0 Responses to “KAWASAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN”

Post a Comment