CARA MEMBUAT DAN MENGIRIM E-MAIL

MEMBUAT DAN MENGIRIM E-MAIL 

A.    Pengertian Surat Elektronik (e-mail)
            e-mail adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat.Sebagaimana layaknya kegiatan surat menyurat melalui jasa pos,e-mail mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file) termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik).
B.     Sejarah Penggunaan E-mail
            e-mail yang pertama kali dikirim dilakukan oleh seorang engineer bernama Ray Tomlinson pada tahun 1971 sebelumnya orang hanya dapat mengirimkan pesan kepada orang lain pada mesin yang sama.Dengan menggunakan teknologi baru ini,Tomlinson berhasil mengirimkan pesan ke mesin komputer yang lain dengan menggunakan tanda @ sebagai tujuan mesin penerima e-mail.
C.     Cara Penerimaan E-mail
            Ada dua jenis cara penerimaan e-mail,yaitu dengan POP (post office protocol)  ataupun dengan web based e-mail menggunakan teknologi IMAP (internet massage acsess protocol).Saat ini sudah memasuki versi 3 dikenal dengan nama POP3 (post office protocol version 3) maka email dapat diambil dari server dan disimpan di email client sedangkan dengan menggunakan web based e-mail pemakai dapat membaca e-mail yang diterimanya dan melakukan interaksi dengan e-mail tersebut secara user friendly.
D.    Proses Penerimaan E-mail
            Pada penerimaan e-mail dengan menggunakan POP3,digunakan suatu program yang dinamakan e-mail client.E-mail client berfungsi untuk menerima email yang masuk ke komputer pengguna.
1.      SMPT Server
Pada dasarnya e-mail yang dikirim oleh SMPT server akan ditampung sementara oleh komputer server untuk dikirim ke komputer server tujuan.Kamputer server pengirim dan komputer server penerima berinteraksi pada port 25 untuk melakukan pengiriman e-mail.
2.      POP3 Server
Hal yang terjadi pada POP3 server sebenarnya sangatlah sederhana,hanya menyimpulkan e-mail yang masuk saja,dan mengirimkannya lewat port 110 ke kemputer client jika client meminta e-mail tersebut.Untuk melihat maupun mwngambil e-mail dengan menggunakan sPOP3 maupun web based e-mail,diperlukan user name dan password agar tidak sembarang orang dapat melihat e-mail tersebut.
E.     Manfaat Fasilitas E-mail
Manfaatnya antara lain :
a.       Efektif untuk keperluan surat menyurat termasuk bagi pengiriman surat kepada beberapa orang sekaligus dengan isi berita yang sama,misalnya agenda pernikahan dll.
b.      Efisien untuk mengirim lembar dokumen dalam jumlah banyak tentu  akan memakan banyak biaya dan waktu jika dokumen harus dicetak lalu dikirim lewat pos  biasa.
c.       Fleksibel karena email dapat dikirim,diterima,atau dibaca kapan saja dan dimana saja.
d.      Dapat dijadikan sebagai ajang diskusi.
e.       Untuk berlangganan infromasi tertentu secara periodik misalnya untuk memantau informasi harga produk dari suatu  perusahaan.
f.       Untuk mengirim lamaran kerja beserta lampiran dokumen pendukungnya,termasuk foto atau gambar.
g.      Menerima kartu ucapan.
h.      Sebagai tanda identitas di internet,misalnya dipakai pada saat menggunakan fasilitas tertentu.
i.        Sebagai penampung surat dan pesan dalam jumlah yang banyak.
F.     Cara Membuat Alamat E-mail
            Pertama menentukan dari situs internet mana layanan email yang  akan digunakan.Secara umum,prosedur pendaftaran dan failitas pengelolaan yang ada di dalam email hampir sama,sebagai contoh yang dapat diakses dari email yahoo.com kemudian akan menemui kotak isian yang berupa sign in dan sign up,untuk pertama kali membuat kita harus diisi data diri beserta nama alamat email yang akan dibuat beserta kata sandinya.
G.    Forum Pada E-mail (mailing list)
            Salah satu keunggulan fasilitas email adalah kemampuannya mengirim pesan elektronik secara massal.Kemampuan ini pula yang menjadi dasar pengembangan layanan mailing list yang saat ini diminati oleh kelompok pengguna internet untuk berdiskusi dan saling beinteraksi atau disebut juga forum.
Mailing list merupakan kelompok diskusi interaktif antar pengguna internet melalui pesan email yang dikirim massal.
H.    MILIS (mailing list)
            Mailing list berarti daftar alamat email untuk setiap orang yang ingin menerima mail tentang topik tertentu.Mailing list atau milis atau posting,pada dasarnya masih merupakan komunikasi dengan memanfaatkan layanan email,yakni mengirim dan menerima email ke dan/atau dari sekelompok orang dengan tujuan penggunaan sebagai sarana diskusi,yang biasanya dikelompokan berdasarkan topik diskusi,kelompok tertentu atau pengelompokan lainnya.Di yahoogroups.com digunakan istilah group.
1.      Owner
      Pemilik suatu milis,merupakan anggota yang membuat suatu milis.Owner otomatis merangkap sebagai moderator owner memiliki kontrol yang lengkap pada suatu milis,termasuk untuk menghapus milis.
Untuk menjadi owner suatu milis,tidak harus mempunyai email di yahoo.com pada daftar anggota milis,tanda bintang (asterisk) berwarna biru menandakan bahwa anggota yang bersangkutan adalah owner,sedangkan asterisk kuning mengindikasikan keanggotaan sebagai moderator.
2.      Moderator
      Anggota yang dapat mengubah aturan dilevery dan posting untuk tiap anggota milis.Hak-hak moderator adalah :
a.       Massage : menyetujui,mengedit atau menghapus pesan.
b.      Membership : menyetujui,mengundang,menambah, menghapus atau memban anggota.
c.       Moderators : menambahkan,menghapus,atau mengubah hak moderator.
d.      Group : mengubah aturan yang ada untuk group (auto delivered file settings).
e.       Delete the group : moderator dengan hak ini dapat dengan permanent menghapus milis.
3.      Co-moderator
      Anggota ini memiliki jenis keanggotaan moderator dan diberikan hak-hak (previlege) tertentu untuk membantu tugas moderator.
4.      Regular subscription
Anggota biasa.
I.       Konsep Mailing List
            Mailing list mempunyai moderator yang akan meninjau dan menentukan apakah mail dapat dikirim ke setiap orang yang ada di daftar.Sehingga diskusi tetap terfokus,sebagai moderator daftar mailnya ada yang manusia ada juga yang berupa software komputer mengijinkan seseorang berlangganan (subsribe) atau mencabut langganan secara otomatis.
Kelompok diskusi milis ini banyak sekali jumlahnya,dan secara garis besar dapat dikelompokan ke dalam dua kategori :
1.      Berdasarkan topik mailing list beraneka ragam tergantung pada profesi atau keseragaman  yang dimiliki oleh anggotanya.

2.      Berdasarkan komunitas kelompok tertentu,dan biasanya milis jenis ini bersifat tertutup dan hanya terbuka bagi anggotanya saja.

0 Responses to “CARA MEMBUAT DAN MENGIRIM E-MAIL”

Post a Comment