Tips Belajar dan Menguasai Bahasa Inggris dengan Baik secara Otodidak

Tips Belajar dan Menguasai Bahasa Inggris dengan Baik secara Otodidak - Anda bisa belajar dan menguasai bahasa Inggris dengan baik secara otodidak, namun ada beberapa hal yg perlu diperhatikan.
  1. Pilih buku pegangan (atau software) yang baik. Buku yang baik adalah buku yang mengajarkan secara lengkap semua aspek bahasanya, speaking, listening, reading, writing, dan grammar. "Tell Me More" cukup bisa diandalkan.
  2. Ikuti panduan buku/software tersebut dengan utuh, langkah demi langkah. Jangan melompati suatu bagian karena merasa sudah bisa atau tidak perlu. Ikuti dengan disiplin dan sabar.
  3. Tentukan waktu belajar setiap hari dan lakukan dengan disiplin. Biasakan belajar 1 jam setiap hari. Lebih baik seperti itu daripada belajar 3 jam di akhir pekan.
  4. Biasakan diri dengan lingkungan 'berbahasa inggris'. Dengarkan program radio berbahasa Inggris (BBC, Radio Australia), dan program televisi berbahasa Inggris, serta membaca bacaan-bacaan berbahasa Inggris (mis. Reader's Digest)
  5. Jangan malu untuk bertanya dan berlatih. Belajar bahasa tidak bisa secara instan tetapi secara bertahap. Yang diperlukan adalah ketekunan dan disiplin.

cara paling gampang untuk belajar bahasa adalah lewat lagu.

Sering-sering karaoke lagu bahasa inggris, jadi kamu terbiasa ama pelafalannya, selain itu, sering-sering nonton film bahasa inggris. dulu aku banyak belajar dari film-filem kartun macam tiny toons, casper and friends, alvin and the chipmunks, dsb. soalnya dulu kan film-pilm kartun masih pakai bahasa asli dan ada teksnya, ga kayak jaman sekarang yang serba dubbing.

nonton acara sitkom bahasa inggris juga berguna, soalnya bahasa inggrisnya relatif lebih sederhana daripada film layar lebar. dengan sering-sering nonton, kamu terbiasa dengan struktur kalimatnya. jadi walaupun kamu ga terlalu mengerti grammar, kamu udah punya 'feeling' sendiri bahwa bentuk kalimat seperti itu ga benar atau janggal.

pada saat nonton film, usahakan selalu sedia kertas, pulpen, dan kamus di dekat kamu. tiap dengar kata baru, kamu catat di kertas itu. untuk penulisan dan makna lengkapnya, buka kamus kamu. lebih enak nonton situasi komedi gitu sih soalnya ada jeda iklannya jadi kamu punya waktu untuk mencatat dan buka kamus.

selain itu kamu juga bisa baca buku-buku cerita dalam bahasa inggris. banyak buku-buku terbitan 'dian rakyat' yang bisa membantu kamu belajar. buku-buku itu ada levelnya, jadi kamu bisa beli buku yang sesuai dengan level kemampuan bahasa kamu. dari buku-buku semacam itu kamu bisa belajar bahasa formal. untuk percakapan, lebih baik beli buku-buku cerita anak-anak yang dalam bahasa inggris.

Baru-baru ini aku beli buku teenlit terbitan gramedia yang dalam bahasa inggris. ceritanya remaja banget memang, tapi sangat membantu dalam menguasai bahasa percakapan. buku serial Ms. Wiz terbitan gramedia yang dual language juga bisa kamu coba.

anyway, itu saran2 dari aku. semua itu langkah2 yang aku pakai dalam memperdalam bahasa inggris. tapi cara yang paling mempan adalah langsung praktek dengan orang bule. dijamin dalam beberapa minggu saja kemampuan kamu pasti meningkat pesat. oia, untuk toefl, beli aja buku-buku persiapan TOEFL yang banyak tersedia di toko buku. kamu juga bisa coba ikut tes TOEFL yang biasa diselenggarakan oleh Unit bahasa inggris di kampus-kkapus, biayanya murah, dan juga bisa jadi ajang perkenalan dengan tes TOEFL yang sesungguhnya.

1 Responses to “Tips Belajar dan Menguasai Bahasa Inggris dengan Baik secara Otodidak”

Huda DePascho :

Terima Kasih telah sharing tips belajar dan menguasai bahasa inggris dengan baik secara otodidak
artikel ini menurut hemat kami sangat bermanfaat untuk adik-adik yang masih duduk dibangku sekolah agar skill bahasa inggrisnya lebih terasah

Huda
kampung inggris

December 26, 2016 at 4:00 AM

Post a Comment