PROPOSAL SEMARAK TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARAM 1436 H

PROPOSAL SEMARAK TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARAM 1436 H


I. LATAR BELAKANG
Anak adalah titipan Allah Swt., perhiasan hidup dan penerus harapan dan cita-cita orang tuanya. Anak ibarat kertas putih, yang bisa ditulis dengan tulisan apa saja. Peran orangtua sangatlah vital. Karena melalui orang tualah, anak akan menjadi manusia yang baik atau tidak. Rasulullah SAW, sebagai teladan paripurna, telah memberikan tuntunan bagaimana mendidik dan mempersiapkan anak.

Dalam hal ini yang paling penting adalah keteladanan dalam melakukan hal-hal yang utama. Inilah yang harus dilakukan orangtua. Bukan hanya memerintah dan menyalahkan, tapi yang lebih penting adalah memberikan contoh kongkret. Secara simultan hal itu juga harus ditopang oleh lingkungan, pergaulan, dan masyarakat.

Anak, merupakan basis individu mendasar bagi sebuah peradaban manusia. Membangun anak berkarakter menjadi sebuah syarat bagi terbentuknya peradaban tersebut. Mendidik karakter dengan karakter menampilkan kehebatan anak yang sering kita (orang dewasa) lupakan. Anak memiliki ruang luas dalam dirinya untuk menyerap beragam ilmu dari kehidupan di sekitarnya.

Allah SWT mengaruniai pada diri anak kemampuan menyerap dan meniru yang luar biasa. Meski belum sampai pada tataran pemikiran analisis, proses pembelajaran paling efektif sepanjang sejarah kehidupan manusia adalah pada masa anak-anak. Segala yang terjadi pada masa anak-anak sangat berpengaruh bagi pribadi manusia tersebut di masa dewasa.

Dari anak, banyak sekali hal menakjubkan yang mampu kita pelajari. Kejujuran, kecerdasan, kelugasan, keberanian, kasih sayang, semangat pantang menyerah dan cinta menjadi aspek fitrah yang pasti dimiliki oleh setiap anak. Sedangkan jika ada anak yang tumbuh dengan tanpa hal-hal tersebut maka yang perlu dipertanyakan yakni lingkungan di mana sang anak berada.

Imam Ghazali menyatakan bahwa sesungguhnya anak adalah amanah yang harus dijaga dan dibekali ilmu agama untuk terwujudnya anak-anak yang shalih dan shalihah. Sehubungan dengan hal ini, Yayasan Baitul Misbah tergerak untuk membantu tugas orang tua dalam rangka membina dan mendidik anak-anaknya melalui “JAMBORE ANAK SHOLEH KABUPATEN TASIKMALAYA “ yang akan kami laksanakan pada 23 – 24 November 2014 di Bumi Perkemahan Ki Ageng Srenggi Sambirejo.


II. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama ”JAMBORE ANAK SHOLEH KEBUPATEN NAGRAK” terdiri atas :

1. Game Edukasi Anak Sholeh I : Aqidah
2. Game Edukasi Anak Sholeh II : Ibadah
3. Game Edukasi Anak Sholeh III: Akhlaq
4. Tadarus Quran
5. Qiyamul Lail
6. Pemutaran Film Edukasi


III. TEMA KEGIATAN
“ ANAK SHOLEH CINTA ISLAM & INDONESIA”


IV.TUJUAN KEGIATAN
1. Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1436 H dan Hari Pahlawan, 10 November 2014 dengan kegiatan edukasi yang bermanfaat membentuk karakter anak yang cinta Islam dan cinta Indonesia.
2. Menjalin tali persatuan dan kesatuan bangsa yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
3. Memperkuat tali silaturahmi dan silaturrahim antar anak TPQ dan Remaja Masjid se-Kabupaten Tasikmalaya
4. Meneladani semangat Hijrah Rasulullah Muhammad SAW dalam membina generasi muda sehingga mampu meninggalkan segala macam keburukan dan kemaksiatan menuju cahaya di atas cahaya kebajikan.
5. Mewujudkan generasi muda yang shidiq, amanah, tabligh, dan fathonah yang senantiasa membawa kebaikan bagi agama, negara, dan bangsa.


V. MANFAAT KEGIATAN
1. Menanamkankan rasa cinta kepada agama, negara, dan bangsa Indonesia sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Sarana untuk membangun karakter anak-anak dengan cara yang cerdas, kreatif, inovatif, dan menghibur sehingga mudah merasuk dalam hati sanubari anak-anak.
3. Syiar dan dakwah Islam kepada generasi muda sehingga tidak terhanyut dalam jebakan arus maksiatisme yang kian hari kian bertambah besar.
4. Sarana amal shaleh bagi sponsor dan donator untuk turut serta dalam membangun sumber daya manusia yang berakhlak mulia.


VI. SASARAN KEGIATAN
Kegiatan ini diperuntukkan bagi santriwan-santriwati TPA/TPQ di lingkungan Masjid se-Kabupaten Nagrak dan masyarakat umum.


VII. PELAKSANAAN
1. Waktu Pelaksanaan : 23 – 24 November 2014
2. Tempat Pelaksanaan : Bumi Perkemahan Ki Ageng Srenggi
Sambirejo Kabupaten Tasikmalaya


VIII. PROMOSI DAN PUBLIKASI
Promosi dan Publikasi dilakukan dengan cara mengirimkan surat undangan ke TPA/TPQ yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu, Promosi dan Publikasi juga dilakukan melalui media elektronik.


IX. SUSUNAN PANITIA
Terlampir


X. ANGGARAN BIAYA
Terlampir


XI. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat untuk memberi gambaran mengenai kegiatan “JAMBORE ANAK SHOLEH KABUPATEN TASIKMALAYA “ yang akan kami laksanakan. Besar harapan kami, semua pihak berkenan untuk ikut berkerja sama dengan kami untuk mewujudkan tujuan mulia ini. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.



Nagrak, 21 Oktober 2014 
Ketua IRKAN 

SUHARSO, S.T 

0 Responses to “PROPOSAL SEMARAK TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARAM 1436 H ”

Post a Comment