Metode Pembelajaran Yang Efektif dan Efisien

Metode Pembelajaran Yang Efektif dan Efisien - Metode pengajaran menurut Nursid Sumaatmadja (1984 : 95) adalah: 

“Suatu cara yang didalam fungsinya merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan”. Ada dua bentuk metode interaksi edukatif yaitu metodi didalam kelas dan luas kelas. Mengingat yang dihadapi adalah murid sekolah dasar maka dua jenis metode interaksi edukatif ini dirasa perlu dikuasai, lebih itu, guru harus mampu mengembangkannya sehingga pembelajaran yang efektif dan efisien tercapai. 

Perlu diingat, metode yang efektif dan efisien itu metode yang sesuai dengan bahan ajar, karakter peserta didik, tujuan belajar agar tepat sasaran . sebenarnya bukan hanya metode saja yang perlu diperhatikan tapi keberhasilan proses pembelajaran juga ditentukan oleh teknik dan sumber belajar yang akan digunakan.
Faktor penunjang pembelajaran yang efektif dan efesien pasti dapat diciptakan kondisi-kondisi yang menyenangkan bagi perkembangan kreativitas peserta didik.
Donald J. Treffinger (1980) mengemukakan sejumlah pengalaman belajar yang dapat dikembangkan oleh guru yaitu :
  1. Menciptakan tugas yang dikehendaki perserta didik sehingga mereka terlibat dengan antusiasme yang tinggi .
  2. Pembelajaran dilandasi oleh currosity (rasa ingin tahu) siswa.
  3. Pembelajaran hendaknya memungkinkan peserta didik mengembangkan kepekaan terhadap masalah dan tantangan.
  4. Pembelajaran hendaknya mengkondisikan peserta didik untuk mempertimbangkan ide yang berbeda dan alternatif pemecahan masalahnya.
  5. Evaluasi hendaknya mempertimbangkan karakteristik anak, potensi anak, kondisi anak, pokok bahasan, dan lingkungan anak didik.
  6. Pembelajaran mengacu kepada pengalaman belajar sehingga peserta didik diberi kebebasan untuk bereksperimen dan mengeksplorasi pengetahuan.
  7. Peserta didik perlu dihadapkan pada persoalan riil dalam kehidupan sehari-hari. Pengalaman belajar harus mengantarkan pesera didik untuk memecahkan masalah dan mengidentifikasikan tantangan-tantangan baru.
Pada dasarnya faktor menunjang pembelajaran yang efektif dan efisien terletak pada pendidik, peserta didik dan sumber belajar. Pengajar sebagai fasilitator, pembimbing, dan sebagai manajer kelas dan perserta didik sebagai objek dan subjeknya dimana ketiganya saling berpengaruh satu sama lain dimana proses pembelajaran akan bermakna bila sumber belajarnya tepat dan sesuai.

2 Responses to “ Metode Pembelajaran Yang Efektif dan Efisien ”

abdan syakuro :

mantaap

March 30, 2015 at 4:44 AM

Agus Hamzah :

mantaaaap

April 18, 2015 at 7:23 AM

Post a Comment